Sat Binmas Polres Simalungun Lakukan Koordinasi di Lapas Narkotika Pematang Siantar Terkait Data Polsuspas

Wednesday, March 6, 2024, 23:36 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam upaya peningkatan koordinasi dan pengelolaan informasi keamanan, Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Simalungun melaksanakan kunjungan koordinasi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika kelas II-A Pematang Siantar, yang bertempat di Pematang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, pada Rabu (6/3/2024).

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai ini dihadiri oleh personel Sat Binmas, Aiptu Mukti Ali Siregar selaku Kanit Binmas Polmas, dan Aiptu Robert Nainggolan S.H., sebagai Kanit Binkamsa. Mereka diterima oleh Eka, selaku Kepala Tata Usaha (KTU) Lapas Narkotika kelas II-A Pematang Siantar.

"Fokus utama kunjungan ini adalah untuk melakukan koordinasi terkait dengan data personil Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) yang menangani narapidana di Lapas tersebut, khususnya mengenai kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan data kepemilikan senjata api (senpi). Dari hasil koordinasi, terungkap, bahwa saat ini belum ada personil Polsuspas yang memiliki KTA," jelasnya.


"Mengingat pentingnya kepemilikan KTA bagi personil Polsuspas dalam menjalankan tugasnya, personil Sat Binmas mengarahkan pihak Lapas untuk segera berkoordinasi dengan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sumatera Utara guna melakukan pengurusan KTA bagi personil Polsuspas," terangnya.

Kegiatan koordinasi ini berjalan dalam situasi yang aman dan tertib. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi antara Polres Simalungun dengan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas II-A Pematang Siantar, khususnya dalam pengamanan dan pembinaan narapidana, serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di dalam maupun sekitar Lapas.

AKP Hengky B. Siahaan, S.H., Kasat Binmas Polres Simalungun menegaskan, "pentingnya koordinasi dan pengelolaan informasi yang baik antar lembaga keamanan dalam upaya bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," tutupnya.*

(PN)

TerPopuler