BKKBN dan Komisi IX DPR-RI Bersinergi Sosialisasikan Program Bangga Kencana

Sunday, November 29, 2020, 15:16 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Perwakilan BKKBN Provinsi Bali bersinergi dengan Komisi IX DPR RI menggelar kegiatan sosialisasi program pembangunan keluarga bersama mitra kerja, melalui seminar penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja tahun 2020. 

Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat berbeda, yaitu Desa Selat Kecamatan Sukasada dan Desa Patas Kecamatan Gerogak Kabupaten Buleleng, Jumat (27/11). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Drs. Agus P Proklamasi, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK, Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Karyasa Adnyana, OPD-KB Kabupaten Buleleng serta Pejabat Desa setempat dan tamu undangan lainnya. 

Anggota Komisi IX DPR RI I Ketut Karyasa Adnyana mengungkapkan, bahwa Komisi IX DPR RI merupakan komisi yang membidangi kesehatan, ketenagakerjaan dan kependudukan.

“Komisi IX DPR RI bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, salah satunya BKKBN. Kami bersama-sama berkomitmen, untuk menjalankan program Bangga Kencana, tentunya untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang KS-PK, Dr. dr. M. Yani, M.Kes, PKK menjelaskan, bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk membentuk karakter remaja. 

“Dengan sosialisasi ini yang langsung ditujukan kepada remaja khususnya di Kabupaten Buleleng, sehingga dapat menambah wawasan dan membentuk karakter remaja untuk lebih siap dalam perencanaan keluarga kelas, dan tentunya siap menghadapi bonus demografi,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa melalui BKKBN ini, para remaja dapat mengikuti GenRe (Generasi Berencana), agar dapat mempersiapkan kehidupan keluarga dengan pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP). 

“Diharapkan remaja, melalui Forum GenRe mampu mengikuti pendidikan secara terencana, berkarir dan selanjutnya menikah dengan penuh perencanaan yang matang, serta dapat mempersiapkan masa depannya sejak dini," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Drs. Agus P Proklamasi, M.M. juga menambahkan, bahwa remaja perlu mempersiapkan segala sesuatu dari berbagai hal. 

“Selain mempersiapkan diri dalam pembangunan, dengan kondisi Pandemi Covid-19 ini para Remaja senantiasa menjaga protokol kesehatan dan ingat pesan Ibu yaitu Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Menggunakan Masker. Agar rantai penyebaran Covid-19 segera berhenti dan para Remaja bisa melanjutkan Kegiatan mereka dengan normal," ucapnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembagian sembako di masing-masing lokasi yang berjumlah 800 paket, serta pembagian PMT bagi ibu hamil, yang langsung diterima oleh perwakilan masyarakat Desa Selat dan Desa Patas Kabupaten Buleleng.*

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler