Lailatul Ijtima' Digelar di Kecamatan Dringu

Rabu, 25 November 2020, 11/25/2020 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Bertempat di Masjid Jami' Ash - Shidiqi Desa Randuputih, kegiatan rutin Lailatul Ijtima' (Pertemuan Malam-red) yang di gelar oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama' (MWC NU) Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo.

Majelis Ilmy tersebut di hadiri oleh Ketua MWC NU Kecamatan Dringu, Sugito, Wakil Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Satimin, 14 Pengurus Ranting NU se Kecamatan Dringu, Kepala Desa Randuputih, H. Sukandar, Tokoh Agama, Muslimat, Fatayat sebanyak 100 undangan memadati Masjid Jami' Ash - Shidiqi.

"Lailatul Ijtima, bagi orang NU menyelenggarakan pertemuan itu hukumnya wajib, pertemuan itu dinamakan Lailatul Ijtima’. Lailah artinya malam, dan ijtima’ artinya pertemuan. Artinya sebuah pertemuan malam yang diselenggarakan di setiap bulan," kata Sugito kepada Snipers.news, Rabu (25/11/2020) malam.
                          

Ditempat yang sama, Wakil Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Satimin mengatakan, awalnya kegiatan ini (Lailatul Ijtima') adalah kebiasaan para kiai zaman dulu yang akhirnya menjadi kebiasaan orang-orang NU atau pengurus NU.

"Giat Lailatul Ijtima' dengan tujuan merawat kebesaran NU dengan melibatkan NU kultural, dengan diisi berbagai macam kegiatan seperti sholat gho'ib, sholawatan, istighosah serta tausiah," terang Satimin yang juga mantan PAC GP Ansor Kecamatan Dringu.

Kegiatan Lailatul Ijtima' malam ini, di isi dengan sholat ghoib dan pembacaan sholawat Nabi Muhammad SAW berjalan dengan lancar.*

(Taufiq)

TerPopuler