Harga BBM Khusus Pertalite Hari Ini Turun, Simak Lokasi dan Harganya

Tuesday, March 23, 2021, 00:07 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jakarta - Pertamina datang mengabarkan, dimana harga BBM Pertalite akan turun setara dengan harga Premium. Kebijakan ini berlaku mulai hari Minggu, 21 Maret 2021.


Program penurunan harga Pertalite dilakukan secara bertahap, yaitu mulai dari Kota Makassar dan akan berlanjut di Kota-kota lainnya di Sulawesi dan di Indonesia.


Daftar Harga BBM Terbaru khususnya Pertalite
Pertamina telah mengeluarkan kebijakan dengan pemberian harga khusus pembelian Pertalite setara dengan harga Premium. Harga baru Pertalite lebih hemat Rp.1.400 dari harga normal menjadi Rp.6.450 per liter.


Penerapan harga baru ini dilakukan bertahap dan diperuntukkan bagi konsumen tertentu. Mulai dari pemilik kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, kendaraan berplat kuning seperti angkutan umum, dan taksi.


Setiap kebijakan penyesuaian harga BBM yang dilakukan Pertamina selalu mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis Bensin dan Minyak Solar, yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Bahan Bakar Nelayan.


Program Langit Biru di Makassar ini diselenggarakan dengan alasan mendasar yang kuat.


Melalui program ini, Pertamina mengajak masyarakat berpindah ke bahan bakar berkualitas setara Pertalite RON 90. BBM dengan kandungan kadar oktan (Research Octane Number) berkualitas lebih tinggi, karena lebih ramah lingkungan dan rendah emisi.


Kebijakan ini juga sebagai terobosan bagi kebutuhan masyarakat yang menginginkan akan kualitas udara tetap segar dan sehat di lingkungannya.


Saat ini memang belum terdapat penyesuaian harga BBM khususnya area Jawa - Bali. Berdasarkan situs resmi Pertamina, berikut adalah Harga Bahan Bakar Minyak dari Pertamina wilayah Jawa- Bali per liternya :


Pertalite Rp 7.650
Pertamax Rp 9.000
Pertamax Turbo Rp 9.850
Pertamax Racing Rp 42.000
Dex Liter Rp 9.500
Pertamina Dex Rp 10.200
Solar non-subsidi Rp 9.400


Sedangkan untuk daftar harga BBM terbaru khususnya Pertalite, telah berlaku pada saat ini.*


(Sumedi Priyono)

TerPopuler