Festival Pelatihan Tanjak dan Gandik Palembang Darussalam Digelar di Atrium Opi Mall

Sabtu, 17 April 2021, 4/17/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Palembang - Panitia pelaksana Festival Palembang Darussalam XIX-1442 H/2021 M, Kerukunan Keluarga Palembang (KKP) dan 11 Ormas Zuriat Palembang, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Festival Pelatihan Tanjak dan Gandik di Atrium Opi Mall, Jumat (16/4/2021).

Acara tersebut dihadiri Ketua Angkatan Muda Kesultanan Palembang Darussalam R.M Fauwaz Diradja, S.H., M.Kn., SMB IV Jaya Wikrama dan Ketua Pelatihan/pembuatan Tanjak dan Gandik Hj. Alfa Gajahnata. 

R.M Fauwaz Diradja, Ketua Angkatan Muda Kesultanan Palembang Darussalam mengatakan, bahwa pelatihan pembuatan tanjak dan Gandik sangat perlu dipelajari, di mana tanjak dan Gandik adalah kebudayaan dan kebiasaan pada masa lalu.

Karena kebiasaan ataupun kebudayaan ini sudah hampir punah, untuk itulah pihaknya akan menghidupkan kembali. Ia mengharapkan, Budaya melipat Tanjak dan pembuatan Gandik oleh setiap masyarakat di Kota Palembang terus dilestarikan. 

"Sebenarnya, cara pembuatan Tanjak dan Gandik sudah ada di akun YouTube dan sudah bisa diatur ulang. Sekarang diadakan secara langsung. Pesertanya adalah dari masyarakat Palembang dan ormas-ormas serta masyarakat yang ada disini," tuturnya.


Terkait hal itu, pihaknya akan berupaya mengadakan pelaksanaan pecah rekor penggunaan Gandik terbanyak di Indonesia.

"Harapannya, untuk generasi muda kedepannya bisa melipat Tanjak dan Gandik dengan benar, serta menggunakannya sebagai keseharian dan juga sebagai ciri identitas kita sebagai bangsa Indonesia yaitu Wong Palembang Wong Sumatera Selatan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kemas Sopyan menambahkan, acara festival ini dimulai tanggal 12 April 2021 dan di tutup tanggal 17 April 2021.

Rangkaian festival acara ada 8 macam acara yang diadakan, yakni lomba masakan khas Palembang, latihan Tanjak dan Gandik, pembukaan festival Palembang Darussalam XIX,  MTQ dan lomba adzan, lomba rebana, lomba Sarafal Anam dan ngarak penganten, lomba lagu Palembang, pantun dan cerios khas Palembang,  dan penutupan festival Palembang Darussalam XIX di Griya Agung Palembang.

"Harapannya, kalau bisa tahun depan lebih meriah lagi. Di saat Covid-19 ini hilang, kita akan  mengadakan Festival Palembang Darussalam akan lebih sukses dan akan lebih meriah dari tahun ini," pungkas Kemas.*

(Adi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button