Kapolda Sulsel Resmikan Pekarangan Pangan Lestari dan Rumah Bibit Kelompok Tani Anging Mamiri

Tuesday, April 6, 2021, 04:17 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Sulsel - Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Drs. Merdisyam menghadiri dan membuka peresmian Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dan Rumah Bibit Kelompok Tani Angin Mamiri Makassar, di Lapangan Tenis Angin Mamiri Asrama Toddopuli Makassar Jalan Toddopuli Raya Makassar, Senin (5/04/2021). 

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel Ny. Shanty Merdisyam,  Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Drs. Halim Pagarra, Walikota Makassar Ir. Dany Pomanto, Dir Binmas Polda Sulsel, Dir Lantas Polda Sulsel,  Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan dan Kadis Pertanian Daerah Provinsi Sulsel. 

Dalam sambutannya Kapolda Sulsel menyampaikan, Rumah Bibit Kelompok Tani Anging Mamiri yang digagas pengurus PD Bhayangkari ini dapat menjadi solusi dari situasi pandemi Covid 19 yang dirasakan masyarakat saat ini.

Menurut Irjen Pol Merdisyam, program ini sejalan dengan program Kapolri, yakni  pembentukan Kampung Tangguh Nusantara (KTN)  atau Balla Ewako di Sulsel. Ia menyebut, bahwa Program Balla Ewako saat ini telah berjumlah 2,814 Posko, yang tersebar di 24 Kabupaten dan Kota.

“Ya, tentunya kita berharap Rumah Bibit Kelompok Tani Angin Mamiri ini juga dapat memberi kontribusi positif terhadap situasi yang kita alami saat ini,” kata Kapolda Sulsel.

Kapolda Sulsel juga berharap, agar masyarakat luas mendukung Program Rumah Bibit ini. Menurutnya, program ini tidak dapat berlangsung lancar tanpa dukungan masyarakat luas.

“Terima kasih kepada Ketua dan Pengurus Bhayangkari atas sumbangsih dan pengabdiannya, semoga PD Bhayangkari dapat terus meningkatkan kontribusinya terhadap kesejahteraan Keluarga Besar Polri di masa mendatang,” harap Kapolda. 

Sementara itu, Ketua PD Bhayangkari Sulsel Ny. Shanty Merdisyam menjelaskan, luas area yang menjadi kawasan Rumah Bibit ini sebesar 100 M2, di dalamnya terdapat sumbangan dari Dinas Ketahanan Pangan berupa 103 pohon 1 unit modul Hydroponik 28 pohon, kelompok tani 105 jenis pohon, sumbangan kepala asrama 50 jenis tanaman, dari pengurus kebudayaan 200 jenis pohon, 162 bibit hydroponik dan hidropinik siap panen 28 pohon. 

Jumlah benih yang berada di dalam rumah bibit sebanyak 669 Pohon, jumlah bibit hidroponik 162 pohon, dan jumlah tanaman hidropink siap panen 28 pohon. 

"Terima kasih juga pada Kapolda yang memberi izin memanfaatkan lahan kosong yang berada di Asrama Toddouli Makassar, juga penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkot Makassar yang telah membantu kami mewujudkan pembangunan rumah bibit beserta fasilitas pendukungnya,” ungkap Ny. Shanty. 
 
Ditemui disela acara peresmian, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan mengatakan, gagasan pembangunan Pekarangan Pangan lestari (P2L) beserta Rumah Bibit oleh PD Bhayangkari Sulsel sejalan dengan Program Pemerintah dalam meningkatkan ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga. 

Dikatakannya, program ini dapat membantu pemerintah mengatasi krisis pangan. Hal ini juga sesuai dengan kebijakan Kapolri yang mengizinkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong milik Polri untuk menjaga ketahanan pangan nasional. 

"Harapannya, program ini juga dikembangkan oleh seluruh keluarga besar Polda Sulsel dan masyarakat luas, serta dapat menjadi tempat sarana edukasi untuk belajar cara menumbuhkan benih, merawat bibit sampai menikmati hasilnya," kata E. Zulpan.*

(Harun) 

Humas Polda Sulsel 

TerPopuler