Basri Imbau DPO Teroris Poso Untuk Turun Gunung dan Bergabung ke NKRI

Wednesday, October 6, 2021, 01:03 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Poso - Narapidana kasus terorisme (napiter) Muhammad Basri bin Barjo alias Bagong mengajak kelompoknya di Poso agar turun gunung dan mengikuti jejaknya untuk berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Basri, yang pernah tergabung dalam kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), ini juga meminta maaf kepada masyarakat Sulawesi Tengah atas apa yang telah dia perbuat semenjak bergabung dengan kelompok teroris Poso.

"Assalamu'alikum warahmatullaahi Wabarakaatuh, saya Basri atau dipanggil Kang Basri atau Opa, buat ikhwan-ikhwan atau adik-adikku yang ada di gunung biru khususnya imbauan ana kepada antum  semua, kalau antum masih panggil ana sebagai kakak antum, sudahlah kita hentikan semua kekerasan di gunung biru, khususnya di Poso, tidak ada gunanya lagi  dan itu tidak ada gunanya lagi dan membuat susah orang banyak terutama buat masyarakat Poso. Turunlah, mari kita kembali kepangkuan ibu pertiwi," demikian sepenggal video ungkapan yang berdurasi  03.02 menit itu.

Dimana sebelumnya, pada tahun 2016 Basri juga pernah mengungkapkan ajakan untuk menyerahkan diri kepada seluruh rekan-rekanya yang masih berkeliaran di pengunungan Poso.

Wakasatgas VI Humas AKBP Bronto Budiyono mengungkapkan, "kami mengucapkan apresiasi kepada Napiter Muhammad Basri alias Bagong dengan suka rela mau kembali kepangkuan ibu Pertiwi dengan mengucapkan ikrar kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, semoga ini menjadi awal yang baik untuk menjalani hidup sebagai warga negara yang baik," ungkap Bronto.

"Kami juga mengimbau kepada ke empat sisa kelompok DPO Teroris Poso untuk menyerahkan diri secara baik-baik kepada TNI-Polri dan siap mempartanggung jawabkan perbuatan yang sudah dilakukan dan pihak aparat akan memperlakukan sebagaimana mestinya," ucap Bronto.*

(Yudi/Hms)

TerPopuler