Babinpotmar Lantamal I Berhasil Bujuk Pemulung Sekitar Pajak Baru Belawan Untuk Vaksin

Kamis, 18 November 2021, 11/18/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Bintara Pembinaan Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI AL Lantamal I berhasil membujuk para warga yang berprofesi sebagai pemulung barang bekas sekitar Pajak Baru Belawan untuk melaksanakan vaksin.


Tim Vaksinator door to door Lantamal I Belawan laksanakan vaksinasi terhadap warga di sekitar Pajak Baru Medan Belawan, Kamis (18/11/2021), yang sebagian besarnya berprofesi sebagai pemulung.


Para pemulung barang bekas yang sering mangkal di sekitar Pajak Baru Belawan akhirnya berhasil dibujuk oleh Babinpotmar yang mendampingi tim vaksinasi.


Kesempatan langka itu tidak disia-siakan oleh warga yang berada di sekitar pasar tersebut, untuk mendapatkan Vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2 pagi ini.



Tim vaksinator Lantamal I menurunkan 1 tim vaksinasi untuk menyasar Pajak Baru secara door to door. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan karena adanya informasi lanjutan yang berkembang, bahwa masih ada para warga termasuk para pemulung barang bekas sekitar Belawan yang belum mendapatkan vaksin.


"Danlantamal I Laksamana Pertama Achmad Wibisono langsung memerintahkan Satgas Covid-19 untuk menindak lanjuti setiap laporan atau informasi jika masih ada masyarakat sekitar Belawan yang belum mendapatkan Vaksin, terutama bagi warga yang kurang mengetahui atau mengikuti program vaksinasi pemerintah," tutur Kadispen Lantamal I Mayor Akbar.



Salah seorang warga Pajak Baru Fransisco Agnes Sinaga (38), yang berprofesi pemulung, saat ditemui usai melaksanakan vaksin menyampaikan, bahwa selama ini dirinya takut untuk di vaksin karena menderita syaraf kejepit sudah 1 tahun.


"Namun, dengan penjelasan dan pemeriksaan awal oleh tim kesehatan TNI AL, akhirnya saya mendapatkan vaksin. Saya sangat berterima kasih kepada TNI AL Lantamal I yang mau mendatangi daerah kami untuk memberikan vaksin," tutur Fransisco Sinaga.



Kegiatan Vaksinasi tersebut berhasil memberikan vaksin kepada sekitar 50 orang. Sementara itu, Tim vaksinasi Lantamal I juga tetap menggelar vaksin rutin di RSAL Komang Makes, yang menarget 100-200 yang akan di vaksin setiap harinya.


Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk mencapai target vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 dan ke-2 sebanyak 70% dari jumlah penduduk Indonesia bisa tervaksin, supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19.


Aspotmar, yang diwakili Paban Komsos Spotmar Letkol Laut (K) Ratna dan Kepala Lingkungan Pajak Baru Bakti Miksel Nainggolan, meninjau langsung pelaksanaan vaksin kepada warga yang berada disekitar Pajak Baru dan juga para warga yang berprofesi sebagai pemulung.


Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi door to door, disiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 1 Tim dari RSAL Komang Makes, Pomal, Babinpotmar dan anggota Yonmarhanlan I untuk membantu kegiatan vaksinasi agar berjalan lancar. Rangkaian kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan sesuai protokoler kesehatan.*


(R - 1)

Sumber : Dispen Lantamal I

TerPopuler

> Whatsapp-Button