Kapolres Bersama Forkopimda Pantau Upacara Melasti di Wilayah Segara Kabupaten Jembrana

Senin, 28 Februari 2022, 2/28/2022 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Guna menciptakan situasi aman dan kondusif jelang perayaan Hari Raya Nyepi tepatnya saat kegiatan melasti. Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K., bersama Bupati dan Wakil Bupati Jembrana, Dandim 1617/Jembrana, Sekda Kabupaten Jembrana, beserta jajaran Forkopimda lainnya melaksanakan pemantauan kegiatan melasti umat Hindu di segara-segara di wilayah Kabupaten Jembrana. Senin (28/02/2022) pagi.

Kapolres mengatakan, kegiatan melasti ini perlu kita atensi agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai prosedur ketentuan prokes dan agar tidak menimbulkan kerumunan, supaya tidak menjadi akses penularan/penyebaran virus Covid-19.

Start rombongan dari titik kumpul Rumjab Bupati Jembrana dibagi dua regu dengan rute lokasi segara ke arah barat dipantau oleh Kapolres Jembrana bersama Bupati Jembrana beserta Ibu, Sekda, Asisten Ekbang, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kabag Kesra dan Kabag Prokompim dan yang ke arah timur dipantau oleh Wakil Bupati Jembrana beserta Ibu, Dandim 1617/Jembrana, Asisten Pemkesra, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang dan Keuangan dan Analis Kebijakan  Ahli Muda/Sub. Koordinasi Bintal Spiritual.

Kapolres mengatakan, sebelumnya kita dari Polres Jembrana sudah mengadakan pertemuan-pertemuan atau Darma Suaka dengan seluruh Bendesa Adat, Perbekel/Lurah di Kabupaten Jembrana membahas terkait pelaksanaan kegiatan Hari Raya Nyepi, termasuk dalam rangkaian kegiatan melasti.


“Kami sudah berkoordinasi dan bekerjasama dengan Bendesa Adat dan para pecalang, agar dalam pelaksanaan melasti di segara agar disebar dan dibatasi untuk kapasitas umat yang melaksanakan persembahyangan, supaya tidak menimbulkan kerumunan, sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” kata Kapolres.

Saat diwawancarai, Kapolres mengatakan, bahwa hari ini Senin (28/2/2022) kami jajaran Forkopimda memandang perlu untuk melakukan pemantauan dan ngrestitiang agar pelaksanaan Upacara Pemelastian/Pakiyisan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Selama pemantauan Pemelastian/Pakiyisan sudah berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, serta para Bhabinkamtibmas bersama Bhabinsa dan Pecalang sudah mengatur sedemikian rupa para umat yang melaksanakan persembahyangan sesuai ketentuan prokes,” pungkas Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K.*

(Arifin/Agung DP/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button