Kelompok TKBM di Pelabuhan Belawan Boleh Lebih Dari Satu

Kamis, 24 Februari 2022, 01:54 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - Pimpinan Perusahaan Bongkar Muat (PBM) PT. Sukses Aulia Niaga (SAN) Yudha Nugraha, S.T. meminta, Otoritas Pelabuhan Belawan berani membuat kebijakan agar kelompok atau organisasi tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di Pelabuhan Belawan, boleh lebih dari satu.

"Selama ini organisasi TKBM di Pelabuhan Belawan hanya satu dan ini menciptakan persaingan usaha di pelabuhan menjadi tidak ada. Padahal, berdasarkan peraturan yang ada, kelompok kerja di pelabuhan boleh lebih dari satu," kata Yudha di Belawan, Rabu (23/2/22).

Dijelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No.59 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait Dengan Angkutan di Perairan, bahwa PBM adalah perusahaan yang bergerak dalam usaha bongkar muat barang di pelabuhan, baik yang sudah memiliki tenaga kerja atau boleh menghunjuk kelompok tenaga kerja lain.

"Peraturan Menteri Perhubungan No.59 tahun 2021 sudah ada, dan OP harus berani menerapkannya di Pelabuban Belawan," tegas Yudha.

Selain itu, berdasarkan semangat Undang Undang Cipta Kerja, pemerintah dan semua pihak diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru, dengan tetap melakukan persaingan yang sehat.

"Kita ingin ada persaingan kelompok TKBM di Pelabuhan Belawan, sayangnya OP selaku regulator di pelabuhan kurang berkenan memberi izin kepada kelompok TKBM lain yang ingin bekerja di pelabuhan. Sehingga ada kesan monopoli," terang Yudha.

Disinggung tentang upaya yang telah dilakukan pihaknya terkit hal dimaksud, Yudha mengaku sudah pernah mengajukan permohonan ke OP agar memberi izin kepada perusahaannya membongkar barang dari kapal yang diageninya.

"Sayangnya, saat akan pertemuan yang mengundang kami bukan OP, sehingga wibawa OP selaku penguasa tunggal di Pelabuhan Belawan terkesan tidak ada," katanya.

Ditambahakan Yudha, kelompok TKBM di pelabuhan lain di Indonesia ada beberapa kelompok, dan mereka bekerja berdasarkan klasifikasi dan kemampuan. 

"Seharusnya OP Belawan harus berani mencontoh pelabuhan lain di Indonesia, dan kami selaku PBM mendukung," tegasnya.*

(Team MU)

TerPopuler