Bupati Simalungun Salurkan Langsung Zakat Profesi Dari ASN Kemenag

Rabu, 30 Maret 2022, 3/30/2022 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, jika zakat profesi disalurkan di Kabupaten Simalungun, pasti sangat membantu masyarakat, terutama bagi yang kurang mampu.

Hal itu dikatakan Bupati saat menyalurkan zakat Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Simalungun, di halaman Gedung MUI Simalungun, Sumut, Rabu (30/3/2022).

"Jika zakat profesi dari semua yang ada di Kabupaten Simalungun termasuk ASN Pemkab Simalungun, perkebunan, perbankan dan lainnya dapat terkumpul dan disalurkan bagi masyarakat kita yang kurang mampu, tentu ini sangat membantu sekali," kata Bupati.

Disampaikan Bupati, bahwa untuk zakat profesi ASN di Pemkab Simalungun, ia yang akan langsung menjadi inisiatornya mengajak ASN di Kabupaten Simalungun. 

"Saat ini zakat profesi yang disalurkan dari ASN Kemenag. Kedepan saya akan menginisiator dan menjadi mentor untuk zakat profesi ASN di Pemkab Simalungun, dan jika zakat ini benar-benar disalurkan, tentu rakyat saya akan sejahtera," tandas Bupati.

"Orang yang memberikan zakat, tentu orang-orang yang baik, karena dia ingin mendapatkan barokah dan rezki dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Semakin banyak orang yang baik di Simalungun, tentu akan memberikan berkah bagi Pemkab Simalungun dalam mensejahterakan masyarakat. Artinya, zakat merupakan hal yang positif, mari kita berikan zakat profesi kita," kata Bupati menambahkan.

Untuk zakat profesi ASN Pemkab Simalungun, Bupati menyampaikan, Pemkab Simalungun akan berkoordinasi dengan Kemenag dalam pendistribusian zakat profesi. 


Bupati juga meminta kepada Kemenag, dalam penyaluran zakat profesi, agar dilaksanakan secara transparansi. "Semoga kegiatan yang sangat mulia ini diridhoi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Bupati.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Sakoada Siregar mengapresiasi Bupati Simalungun yang sangat mendukung zakat profesi ASN, dan merupakan pertama kalinya penyaluran zakat profesi di lakukan langsung oleh Bupati. 

"Ini yang pertama kalinya penyaluran zakat profesi ASN Kemenag dilakukan langsung oleh Bapak Bupati Simalungun selama 20 tahun saya bertugas di Kemenang. Tentu ini akan memberikan motivasi dan bagian dari akuntabilitas pengelolaan zakat profesi bagi Kemenag Kabupaten Simalungun," kata Sakoanda.

Selanjutnya Sakoanda menjelaskan, bahwa pendistribusian zakat profesi tersebut di bagi dalam beberapa zona, dengan jumlah komulatif sebanyak 1.250 paket sembako terdiri dari 10 kg beras, 2 kg minya goreng dan 2 kg gula pasir.

"Dari 1.250 paket, yang kita bagi saat ini lebih kurang 460 paket dengan pola kerjasama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan KUA kecamatan," jelas Sakoanda, sembari menambahkan zona-zona dalam penyaluran zakat profesi tersebut.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut antara lain, Sekda Esron Sinaga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Asisten Administrasi Umum Akmal H Siregar, sejumlah pimpinan OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Simalungun serta pejabat struktural dan fungsional di Kemenag Simalungun, Ketua MUI Simalungun H Abdul Halim Lubis, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Simalungun Sulaiman Sinaga.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button