Pangdam Pattimura Kunjungi Morotai, Tinjau Pembangunan Kodim dan Sejumlah Tempat Wisata

Jumat, 01 April 2022, 00:00 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon, didampingi Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura Ny. Selly Richard Tampubolon melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pulau Morotai, guna meninjau pembangunan Kodim Persiapan Morotai di Desa Muhajirin, Kamis (31/03/2022).

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, kunjungan kerja ini guna meninjau satuan jajaran Korem 152/Babullah di wilayah Halmahera Utara dan Kabupaten Pulau Morotai, sekaligus meninjau proses pembangunan Makodim Persiapan Morotai sebagai bagian dari rencana strategis TNI untuk memperkuat pertahanan di garis terdepan khususnya Pulau Morotai.

Di Makodim Persiapan, Pangdam berharap  pembangunan Kodim ini dapat mengimbangi kemajuan dari Kabupaten yang ada disini.

"Harapannya dari aspek hankam, dihadapkan dengan luas geografis. Kodim ini akan mampu mengimbangi, sehingga apa yang menjadi program-program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat kita bantu, sukses semua dan tercapai," kata Pangdam. 

Kodim Persiapan ini rencananya akan diresmikan pada akhir tahun ini. "Semoga pembangunannya berjalan lancar, berkualitas, dan saya juga melihat bagaimana kesiapannya, harus dikerjakan sesuai dengan RAB. Bisa menjadi kantor yang representatif bagi anggota, agar konsentrasi dalam bertugas," harap Pangdam.


Selain itu, Pangdam beserta rombongan juga mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terletak di Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara. 

Dengan luas area 1.101,76 Ha, KEK Morotai memiliki keunggulan geostrategis yaitu merupakan pulau terluar di sisi timur laut Indonesia yang dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur. 

Berada di tengah Samudera Pasifik, Pulau Morotai dahulu merupakan salah satu basis militer pada Perang Dunia II yang kini kaya akan barang peninggalan bersejarah, yang menjadi destinasi wisata unik yaitu Museum Perang Dunia II.

Dengan potensi yang dimiliki, KEK Morotai akan menjadi pusat industri perikanan, didukung dengan logistik yang akan menjadikan Pulau Morotai penghubung internasional di kawasan timur Indonesia. 

Selain itu, Pangdam beserta rombongan berkesempatan mengunjungi destinasi wisata yang ada, yaitu Pantai Dodola. Pulau Dodola adalah salah satu pulau tak berpenghuni, yang punya pesona tersendiri. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yang merupakan bagian dari 33 pulau kecil yang mengelilingi Pulau Morotai.*

(Ajid Tomagola)

Sumber : Pendam16

TerPopuler

> Whatsapp-Button