Pertumbuhan Kredit KUR BRI Unit Dendang Terus Naik

Minggu, 03 April 2022, 11:35 WIB
Oleh Link

Ket poto : Kantor Unit BRI Kelurahan Dendang Stabat

SNIPERS.NEWS | Langkat - Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Program KUR dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pemerintah menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang Kebijakan Percepatan Pengembangan Sektor Riil dan Pemberdayaan UMKM. Program KUR secara resmi diluncurkan pada tanggal 5 November 2007.

Pembiayaan yang disalurkan KUR bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.  Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.
Salah satu Bank Pemerintah yang menyalurkan KUR adalah Bank BRI Unit Dendang, yang merupakan kantor binaan BRI Kantor Cabang Stabat Kabupaten Langkat Sumatera Utara.


Dalam hal ini Bank BRI Unit Dendang Pada Tahun 2021 Pertumbuhan KUR mencapai 16 Miliyar  Rupiah pada posisi akhir bulan Desember 2021 lalu, Peningkatan ini terus naik hingga pada akhir bulan Maret 2022 kemarin mencapai 27 Miliyar Rupiah.

Kepala BRI Unit Dendang H.Simanullang  dalam ruang kerjanya kepada Wartawan Jum'at siang (1/4) Menyebutkan, "Pertumbuhan KUR Di BRI Unit Dendang dikarenakan Antusias Masyarakat Dendang dalam pengajuan KUR untuk modal usaha mereka, nasabah peminjam banyak di sektor perdagangan, ditambahkannya kegiatan ini sering kami adakan sosialisasi kepada masyarakat Dendang dalam beberapa bulan terakhir yang merupakan sosialisasi Pojok Mantri Desa (PMD) bersama Petugas kredit (Mantri) di lapangan".
Mantan Kepala Unit BRI dari Cabang Balige ini menghimbau kepada masyarakat, Jika ingin mengajukan Kredit Pinjaman KUR silahkan langsung calon nasabah yang bersangkutan datang ke Kantor Bank BRI Terdekat  dan jangan melalui perantara, karena itu akan mempermudah proses pengajuan kreditnya".

Seperti yang dirasakan salah satu warga Dendang, Ellyani salah seorang Pedagang kain keliling menyebutkan ketika ketemu awak media saat Pencairan Pinjaman di Kantor BRI Unit Dendang sangat membantu adanya BRI Unit Dendang di seputaran tempat tinggalnya, dengan kehadiran Kantor BRI Unit Dendang sangat membantu masyarakat sekitarnya dalam Pengajuan Pinjaman KUR dan transaksi Perbankan lainnya. Kami berharap, dengan Pertumbuhan Kredit  Pinjaman KUR ini tentunya akan terus mengembangkan usaha masyarakat dan Bisa saling menjaga kepercayaan antar Nasabah dan Bank BRI.

Di akhir ucapannya, kita tetap bantu nasabah yang memohon jika kelengkapan berkas belum lengkap, agar lebih cepat dilengkapi berkasnya. Dan mohon maaf jika ada kesalahan tutur kata selama saya bertugas di BRI Unit Dendang.
Sesuai dengan moto Bank BRI Melayani dengan Setulus Hati"

(Raiyan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button