Kapolres Probolinggo Dikukuhkan Sebagai Warga Kehormatan Sesepuh Suku Tengger

Thursday, June 16, 2022, 11:16 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dikukuhkan sebagai warga kehormatan sesepuh suku tengger di Pendapa Agung Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura pada, Rabu (15/6/2022) malam hari. 

Pengukuhan tersebut diberikan pada kegiatan Resepsi Yadnya Kasada Kabupaten Probolinggo 2022. Selain itu, turut juga dikukuhkan sebagai sesepuh suku Tengger diantaranya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kajati Jatim Mia Amiati, dan Forkopimda Probolinggo. 

Sebelum pengukuhan, para pejabat disuguhi tarian masyarakat Tengger Kidung Widodaren. 

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi menjelaskan Hari Raya Yadnya Kasada Suku Tengger Di Kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru Jawa Timur merupakan perayaan hari besar dan upacara peribadatan umat Hindu Tengger Bromo. 

"Yadnya kasada yang sudah dilakukan sejak berabad-abad dan turun temurun ini sebagai warisan budaya peninggalan leluhur yang harus dijaga dengan baik," kata Kapolres Probolinggo.
                             

Lebih lanjut, Kapolres Probolinggo menambahkan bahwa Kepolisian menjamin kenyamanan seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan ibadah sesuai agama dan kepercayaannya masing masing serta menjaga kearifan budaya lokal. 

"Oleh karenanya, menjaga budaya berarti menjaga martabat bangsa karena budaya adalah bagian dari jati diri bang­sa," ucap Kapolres Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Probolinggo mengucapkan selamat memperingati hari raya Yadnya Kasada 2022 kepada seluruh umat Hindu Tengger Bromo. 

"Semoga dengan perayaan Yadnya Kasada ini seluruh umat dapat bertoleransi antar umat beragama sehingga dapat hidup dengan damai, rukun, bahagia, dan sejahtera," pungkas Kapolres Probolinggo.*

Pewarta : Taufiq/Humas

TerPopuler