Reses di Polres Simalungun, AKBP Ronald Berikan Ulos Hiou Pamotting Kepada Hinca Panjaitan

Friday, July 29, 2022, 17:49 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Anggota Komisi III DPR RI Dr. Hinca I.P. Panjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS., melaksanakan reses ke Mako Polres Simalungun yang di sambut langsung oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F. C. Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., di Jalan Jhon Horailam, Pematang Raya Kabupaten Simalungun, Jumat (29/7/2022) sekira pukul 09.00 Wib.

Dalam kunjungan Anggota DPR RI tersebut, Kapolres Simalungun AKBP Ronald F. C. Sipayung, S.H., S.I.K., M.H. menyerahkan Ulos Hiou Pamotting kepada Anggota Komisi III DPR RI Dr. Hinca I.P. Panjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS., sebagai bentuk penghargaan yang tinggi bagi tamu kehormatan yang datang ke Mako Polres Simalungun.

"Selamat datang yang terhormat Bapak Dr. Hinca I.P. Panjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS., Anggota Komisi III DPR RI, terima kasih atas kegiatan kunjungan kerja dalam rangka pelaksanaan reses di Mako Polres Simalungun ini," ucap AKBP Ronald dalam sambutannya.

Lebih lanjut Kapolres memaparkan situasi Kesatuan Polres Simalungun. "Dapat kami sampaikan, Personel Bhabinkamtibmas Polres Simalungun berjumlah 50 orang untuk 32 Kecamatan dan 413 Nagori atau desa, yang terbagi didalam 17 Polsek sejajaran Polres Simalungun," papar Kapolres.

Untuk Polres dan Polsek memiliki jarak yang lumayan jauh, maka untuk mengatasi dan meminimalisir hal tersebut dalam situasi kontijensi Polres Simalungun membagi 4 rayon, guna dapat membatu polsek satu dengan yang lain untuk percepatan penanganan Kepolisian kepada masyarakat, dalam menjaga harkamtibmas yang kondusif apabila dibutuhkan.

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, bahwa dalam situasi pandemi covid-19 yang masih memanas, sebelumnya dengan pola pengetatan mobilitas masyarakat di, bahwa tingkat terjadinya tindak pidana kejahatan umum di wilayah Kabupaten Simalungun mengalami penurunan sebanyak 70%. 

"Terhitung dari bulan Januari sampai dengan Juni 2022 kami sampaikan, bahwa sebanyak 63 kasus diselesaikan secara restorative justice," tandas AKBP Ronald.

Selanjutnya, Anggota Komisi III DPR RI Dr. Hinca I.P. Panjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih atas sambutan yang diberikan kepadanya dan rombongan. 

"Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Kapolres Simalungun beserta jajaran atas penyambutan yang hangat kepada saya, dalam rangka kegiatan kunjungan kerja saya untuk melakanakan reses," kata Hinca.


"Komisi III DPR RI merupakan mitra Kepolisian Republik Indonesia, untuk itu dapat saya jelaskan saya memiliki tanggung jawab sebanyak 10 Polres di Wilayah Polda Sumatera Utara, dalam rangka melaksanakan reses guna menjalin silaturahmi antara Anggota DPR dengan Konstituen sebagai koridor antara Konstituen dan DPR," katanya kembali.

Hal ini dikarenakan reses merupakan masa penting yang sejatinya secara fungsional sebagai media menjaring aspiras setiap permasalahan yang dihadapi, dalam hal ini sebagai mitra kerja adalah Kepolisian Republik Indonesia.

"Kehadiran saya disini, saya ingin menyerap informasi apa yang menjadi permasalahan disini, mari kita petakan apa dan bagai mana permasalahannya serta solusinya, sehingga saya dapat membawa semua point-point permasalahan tersebut dari wilayah hukum Polres Simalungun ini, ataupun yang berada di daerah-daerah lain ketingkat yang lebih tinggi," ungkap Hinca.

Polri yang Presisi merupakan gagasan dari Kapolri Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang mendapat stand applause dari Anggota Komisi III DPR RI pada saat pelaksanaan uji kelayakan Calon Kapolri.

Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo mengumumkan program prioritas Polri Presisi, dengan didukung rencana aksi sehingga semua dapat melihat perubahan Polri tahap demi tahap.

"Banyak pekerjaan dengan penanganan yang diluar kemampuan teman-teman Kepolisian, namun harus tetap ditangani dengan profesional. Maka harus benar-benar hati-hati, harus tetap terukur, hal ini merupakan tanggung jawab yang berat," tandas Hinca.

Tampak hadir dalam kegiatan reses Anggota Komisi III DPR RI Dr. Hinca I.P. Panjaitan XIII, S.H., M.H., ACCS, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, S.H., Kabag Ren Polres Simalungun AKBP  P. Sihombing, Kabag Sumda Polres Simalungun Kompol Joner Purba, Kabag Log Kompol Gering Damanik, S.H., Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Fernandes Aritonang, S.I.K., M.H., dan Kasat Samapta Polres Simalungun AKP P. Butar-butar, S.H.

Hadir juga Kasat Binmas Polres Simalungun AKP Hengky B. Siahaan, S.H., Kasat Intelkam Polres Simalungun Iptu Teguh, Kapolsek Raya AKP Alwan, Kapolsek Dolok Pardamena AKP S. Tampubolon, Kapolsek Purba AKP M. Sinaga, Kapolsek Panei Tonga AKP Hilton Marpaung, S.H., Kapolsek Saribu Dolok Iptu P. Sijabat, Kasi Propam Polres Simalungun Iptu Bottor L. Tobing, S.H., serta KBO Reskrim Iptu L. Sirait.*

(PN)

TerPopuler