Kodim 1616/Gianyar Gelar Karya Bakti di Desa Sidan

Selasa, 23 Agustus 2022, 11:57 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Gianyar - Karya Bhakti TNI Semester II tahun 2022, Kodim 1616/Gianyar dalam rangka Pembinaan Lingkungan Hidup dengan tema 'Bersatu Padu Dalam Menjaga Lingkungan' bertempat di Desa Sidan Kabupaten Gianyar. Selasa (23/8/2022).

Untuk sasaran kali ini, yaitu pembersihan disekitar aliran sungai Tengkung dan 
penanaman pohon di area Kissidan Eco Hill. 

Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa mengucapkan, banyak-banyak terima kasih kepada Kodim 1616/Gianyar yang sudah memfasilitasi kegiatan ini yang sekarang kita lakukan di subak Tengkung.

"Karena aliran atau Subak tersebut banyak sampah plastik dan semoga dengan adanya kegiatan dari Kodim 1616/Gianyar dapat membuka pemahaman dan kepedulian terhadap lingkungan khususnya di Desa Sidan agar tidak membuang sampah di sembarangan tempat serta terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah membantu kami masyarakat di Desa Sidan," katanya.

Pgs. Kasdim 1616/Gianyar, Mayor Inf Yan Rangga mewakili Dandim 1616/Gianyar dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir  dan bersinergi menjaga kebersihan bersama-sama.

"Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan karunia-Nya kepada kita semua sehingga pada kesempatan ini kita masih bisa berkumpul serta menghadiri acara Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup TA 2022," ucapnya.

"Kekayaan alam yang dilimpahkan Tuhan, merupakan titipan kepada kita semua untuk dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang, oleh sebab itu pemanfaatan serta pengelolaan lingkungannya menjadi tanggung jawab kita semua," sambungnya.

Himbauan untuk bersama -sama melestarikan lingkungan hidup perlu terus dikumandangkan, mengingat pentingnya menjaga kelestarian alam termasuk keanekaragaman hayati, maka dalam kegiatan pembinaan Lingkungan Hidup TA 2022, Kodim 1616/Gianyar mengusung tema 'Bersatu Padu Dalam Menjaga Lingkungan'.


"Tema yang bertujuan mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian keanekaragaman hayati ini mengacu pada kerja sama semua komponen pemerintahan dan segenap lapisan masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian alam. Indonesia dikaruniai kekayaan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi," jelasnya.

"Dengan potensi keanekaragaman hayati yang melimpah, merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan bagi pembangunan ekonomi nasional dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Nilai ekonomi yang cukup tinggi dari kekayaan keanekaragaman hayati di Indonesia menghasilkan devisa bagi sumber keuangan negara antara lain di sektor industri, pertanian, kehutanan dan kesehatan.

Namun kekayaan keanekaragaman hayati yang dilimpahkan kepada kita, kondisinya makin memprihatinkan, dengan banyaknya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh terjadinya pemanfaatan hayati secara keanekaragaman yang berlebihan yang mengancam dan fungsi ekosistem. 

Melalui Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh Kodim 1616/Gianyar, diharapkan dapat membantu program Pemerintah dalam mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran di wilayah. 

"Untuk itu pada kesempatan ini, saya mengajak agar senantiasa menjaga kehidupan masyarakat sosial yang harmonis, memelihara keseimbangan, keserasian, keselarasan dan kelestarian lingkungan hidup serta upaya-upaya lainnya dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan alam," ungkapnya.

"Besar harapan kami agar masyarakat ikut berperan aktif dalam mencegah dan mengantisipasi kerusakan lingkungan hidup dan alam," pungkasnya. 

Hadir dalam Kegiatan Karya Bhakti tersebut, Dandim 1616/Gianyar diwakili Pgs. Kasdim 1616/Gianyar, Mayor Inf. Yan Rangga, Kadis DLH Kabupaten Gianyar, Ni Made Mirnawati, Kapolsek Kota Gianyar Kompol, I Ketut Tomiyasa, S.H., M.H., Polres Gianyar diwakili Kasatbimas Polres Gianyar, AKP I Gede Endrawan, S.H., M.H., Pasi Teritorial Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. Hengky Histoveri beserta Staf, Camat Gianyar, I Komang Alit Adnyana, S.STP., Babinsa Desa Sidan, Koptu I Made Juliarta, Bhabinkamtibmas Desa Sidan, Aipda Ngakan Gede Sukrayana, Perbekel Desa Sidan I Made Sukra Suyasa beserta Staf*

(Arifin/Lilik)

TerPopuler

> Whatsapp-Button