Korwil PPSLI Kota Medan Resmi Terbentuk

Monday, September 5, 2022, 11:15 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Setelah menerima surat keputusan (SK) dari Ketua DPP PPSLI Sumut Tumpal Sitorus. Maka secara resmi, Pengurus Kordinator Wilayah Perkumpulan Pengelola Sampah dan Limbah Indonesia (Korwil PPSLI) Kota Medan terbentuk, Senin (5/9/2022).

Ketua Korwil PPSLI Kota Medan Patar Panjaitan menjelaskan, PPSLI hadir untuk menjawab  tantangan begitu kompleksnya persoalan dunia usaha khususnya di bidang lingkungan hidup, sehingga keberadaan PPSLI dapat mendorong kegiatan industri yang ramah lingkungan.

"Pada dasarnya kegiatan industri baik untuk kemajuan negara, tetapi pada kenyataannya banyak industri mengabaikannya. Bahkan kepentingan umum dan lingkungan hidup dikalahkan oleh kepentingan perusahaan," jelas Patar Panjaitan.

Dikatannya, PPSLI adalah mitra Pemerintah dalam mewujudkan lingkungan hidup yang sehat, untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development). 

Selama ini, Pemerintah telah berupaya menekan agar tidak terjadi kerusakan lingkungan. Kebijakan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 terutama terkait pengelolaan sampah dan limbah industri merupakan peraturan yang harus di taati para stake holder, baik masyarakat dunia usaha dan pemerintah sebagai Regulator.

"Keberadaan PPSLI atau Perkumpulan Pengelola Sampah dan Limbah Indonesia dapat menjadi mitra dan bersinergi, sehingga kebijakan yang telah ditetapkan khususnya pengelolaan sampah dan limbah industri dapat di implementasikan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan, berdasarkan berbagai aturan peraturan dan petunjuk teknis," terangnya.

Lebih lanjut Patar Panjaitan mengatakan, dengan diberlakukannya digitalisasi sistem online oleh Kementrian Lingkungan Hidup terhadap pengelolaan limbah, dapat menjadikan perusahaan berwawasan lingkungan (Green Company).

Untuk itu kata Patar Panjaitan, dengan terciptanya kerjasama dan sinergitas para pelaku Pengelola Sampah dan Limbah dengan masyarakat usaha industri tentu mewujudkan partisipasi dalam pembangunan nasional secara nyata dan terciptanya kelestarian lingkungan.

"Sesuai dengan amanat dari DPP maupun DPN, dengan terbentuknya PPSLI Korwil Kota Medan dapat melaksanakan tugas sebagai edukator ditengah dunia usaha. Kita selaku Korwil PPSLI Kota Medan akan menjembatani, bersinergi dan bekerjasama dengan seluruh pihak, baik regulator maupun operator untuk mewujudkan para stakeholder yang berwawasan lingkungan," tutup Patar Panjaitan.*

(Hendra)

TerPopuler