XCI Rajut Asa di Tatar Pasundan Melalui Go GreeN

Senin, 31 Oktober 2022, 18:53 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Jawa Barat - Dalam rangka lebih menumbuhkembangkan tali silaturahmi, kebersamaan, soliditas di lingkungan keluarga besar X-Trail Club Indonesia (XCI), pada 29 Oktober 2022 dilaksanakan agenda kegiatan sosial dengan tema "XCI Go Green".


Diketahui, Go Green merupakan program penanaman 1.000 pohon dengan berbagai jenis yaitu Mahoni, Kopi, Kisireum, Kimenyan, Kayu Manis, Pucuk Merah dan jenis rimba campur lainnya, yang ditanam di sekitar Situ Cisoledas di bawah naungan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan terletak di Desa Banjarsari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang merupakan tanah milik Perkebunan PTPN Vlll Blok Malabar dengan ketinggian 1.600 mdpl.


Untuk menjaga keutuhan debit air danau tersebut, maka BBWS dalam pengelolanya mengandeng dan melimpahkan ke salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Pemuda Rakgantang
(LSM Gerakan Gandrung Tanaman), di bawah asuhan mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) Solihin GP di era tahun 1970 - 1975.


XCI hadir untuk memberikan dukungan terhadap program BBWS tersebut, yang berkaitan dengan konservasi, kesejahteraan sosial dan keutuhan lahan perkebunan.


XCI berkolaborasi dengan berbagai lembaga Pemda, Swasta dan Perorangan untuk saling mendukung program tersebut dengan berbagai kesiapan berkontribusi yang saling melengkapi.



Acara ini merupakan salah satu agenda  Xtrail Club Indonesia (XCI) yang dilakulan oleh gabungan 5 Chapter XCI, yaitu dari Pasundan Raya, Bogor Raya, Tanggerang Raya, Jakarta Raya dan Bekasi, dimana tiap chapter mengirimkan minimal 10 peserta kendaraan dengan melakukan konvoi bakti sosialnya, di mulai dari Hotel Sutan Radja Soreang sekitar pukul 10.00 Wib menuju lokasi penanaman pohon.


Ketua Umum XCI Om S.K. Mulyo XCI-829 menjelaskan, kegiatan XCI Go Green ini akan dilakukan secara konsisten dan merata di seluruh Indonesia dari wilayah paling barat (Banda Aceh) sampai wilayah paling timur (Lombok-NTB), yang tentunya akan selalu bekerjasama dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait setempat yang sama-sama peduli untuk melestarikan serta menghijaukan lingkungan.



Camat Pangalengan Drs. H. Hidayat Ramdhan, M.Si. menyambut baik program gerakan menanam pohon di setiap chapter di seluruh Indonesia.


"Gerakan menanam pohon ini sangat baik, sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan. Apalagi sektor transportasi merupakan salah satu yang berkontribusi terhadap emisi GRK. Kehadiran perwakilan 5 chapter yang saat ini hadir di event touring gabungan XCI Go Green ini menunjukkan komitmen anggota XCI di daerah untuk mendukung pemerintah melalui gerakan menanam pohon untuk mengurangi emisi," ucapnya.


Acara ini dihadiri pula oleh berbagai kalangan yang tergabung di dalamnya dari unsur aparatur pemerintahan daerah setempat, Dinas kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dinas lingkungan hidup Kabupaten Bandung, BBWS, PTPN VIII, LSM, berbagai awak media dan berbagai lembaga lainnya.


"Semoga acara ini dapat memberikan kesadaran kepada kita semua, dan masyarakat pada umumnya akan pentingnya melestarikan lingkungan alam sekitar untuk warisan yang baik bagi anak cucu kita di kemudian hari," tutupnya.*


(R - 1)

TerPopuler

> Whatsapp-Button