Prajurit Kodam XVI/Pattimura Terima Sosialisasi Dari Pusrehab Kemhan

Thursday, November 24, 2022, 14:05 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan (Pusrehab Kemhan) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Rehabilitasi kepada Prajurit TNI dan PNS Kemhan, dilaksanakan di Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan yang pertama kali dilakukan di Kodam XVI/Pattimura ini dibuka oleh Aspers Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf. Taufan Widiantoro yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Sosialisasi Pusrehab Kemhan, Kolonel Ckm dr. Sunaryo Kusumo (Kabid Reshabsos Pusrehab Kemhan), Mayor Inf M Bakri (Penyususn Subbimjut Rehabsos) dan Lettu Inf Kabul Subianto (Pengolah Data Bimjut Rehabsos). 

Turut hadir pula Kakesdam XVI/Pattimura Kolonel Ckm dr. Masri Sihombing, Sp.OT., M.Kes., dan Perwakilan National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Maluku Yongki Kouwey.

Selain diikuti oleh peserta sosialisasi secara tatap muka offline, acara tersebut juga dilaksanakan secara online (Vicon) di satuan-satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Dalam arahannya, Aspers Kasdam mengatakan, kegiatan ini dinilai sangat penting dan merupakan fungsi personalia Kodam XVI/Pattimura.

Diharapkan seluruh personel baik pejabat pers khususnya memahami hak-hak penyandang Disabilitas di kesatuannya dan memberikan pelayanan sesuai aturan yang berlaku.


Sedangkan bagi penyandang Disabilitas diharapkan mempunyai motivasi yang tinggi untuk tetap berkarya belajar agar menjadi mandiri, produktif dan interpreneurship.

Dilanjutkan dengan sambutan dan paparan Kabid Reshabsos Pusrehab Kemhan yang menjelaskan, bahwa Pusat Rehabilitasi adalah unsur pendukung pelaksana tugas dan fungsi pertahanan, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pertahanan melalui Sekjen, bertujuan untuk mewujudkan Penyandang Disabilitas Personel TNI dan PNS Kemhan Yang Adaptif, Produktif, Inovatif, Kompetitif dan Return To Combat.

Dijelaskan juga, bahwa Pusrehab meliputi rehabilitas vokasional, rehabilitas medic dan rehabilitas sosial. Setelah menjalani rehabilitasi, Prajurit atau PNS tersebut dapat ditempatkan ditempat yang sesuai “The Right Man on The Right Place”. 

Lebih lanjut dikatakan, dari 22 juta jiwa di Indonesia, 6000 diantaranya merupakan Prajurit TNI dan PNS Kemhan serta 0,003 % nya adalah tentara. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian semua pihak khususnya para Komandan Satuan.  

Disamping menjelaskan tentang Rehabilitasi Terpadu dan Rehabilitasi Medik Paripurna juga dijelaskan tentang kebijakan-kebijakan/peraturan dalam memberikan pembinaan terhadap Penyandang Disabilitas Personel TNI di Kemhan. 

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dengan peserta sosialisasi, dilanjutkan dengan  pendataan penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kodam XVI/Pattimura baik oleh Tim Pusrehab dan Spersdam XVI/Pattimura.*

(ATOM)

Sumber : Pendam16

TerPopuler