Kajari Halsel Paparkan Capaian Kinerja Tahun 2022

Kamis, 05 Januari 2023, 22:43 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Halsel - Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan telah diselenggarakan Press Release Capaian Kinerja Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan tahun 2022, dalam Press Release tersebut Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan disampaikan langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan, Guntur Triyono, S.H., M.H.

Didampingi para Kepala Seksi dan Kasubag, Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Rampasan, Aulia Hafidz, S.H., M.H. Plh, Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, Adlan Fakhrusy Hakim, S.H, Plt. Kepala Seksi Intelijen, Satriyo Ekoris Sampurno, S.H, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, Fadli Surahman, SH., MH, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus, Hendri Dunan, SH, Plt. Kasubagbin Muhammad J. Tuharea.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan capaian kinerja Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan pada tahun 2022 adalah sebagai berikut, capaian kinerja bidang pembinaan tahun 2022.

Penyerapan anggaran pada bidang pembinaan yaitu sebesar Rp. 4.467.818.000,- (empat miliyar empat ratus enam puluh tujuh juta delapan ratus delapan belas ribu rupiah) atau presentase realisasi sebesar 96%.

Capaian kinerja bidang intelijen tahun 2022. Penerangan hukum telah dilaksanakan sesuai target sebanyak 1 lembaga bertempat di Desa Maffa, Kecamatan Gane Timur, Halmahera Selatan.

Kegiatan penyuluhan hukum berupa Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan jaksa menyapa melalui LPP RRI Ternate telah dilaksanakan dengan target 300 (orang) dengan realisasi sebanyak 300 (orang).

"Adapun laporan pengaduan masyarakat dalam kurun waktu tahun 2022 telah masuk sebanyak 5 pengaduan, dari keseluruhan pengaduan tersebut telah dilakukan proses tindak lanjut berupa sprintug dan sprintops," terang Guntur Priyono, Kamis (5/1/2023).

Masih katanya, capaian kinerja bidang tindak pidana umum tahun 2022 yaitu penyelesaian perkara tindak pidana umum SPDP ditangani sebanyak 96 perkara, pra-penuntutan sebanyak 92 perkara, penuntutan sebanyak 66 perkara, eksekusi telah dilakukan sebanyak 58 perkara.

"Penyelesaian perkara melalui keadilan Rmrestoratif sebanyak 2 perkara, yaitu KDRT dengan inisial tersangka RM dan penganiayaan dengan inisial tersangka DM," paparnya.

Dibidang Tindak Pidana Umum (Tipidum) Kejari Halsel meraih peringkat ke-3 kinerja terbaik se-wilayah Kejaksaan Tinggi Maluku Utara dengan indikator penilaian tingkat penyelesaian perkara dan penerapan keadilan restoratif yang berjalan dengan cukup baik.

Capaian kinerja bidang Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) tahun 2022, yaitu telah dilakukan penyelidikan sebanyak 1 perkara, penyidikan sebanyak 2 perkara, penuntutan sebanyak 2 perkara, dan eksekusi sebanyak 1 perkara.

Terkait pengembalian sebagian kerugian keuangan negara dalam perkara tindak pidana korupsi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi penggunaan kekayaan daerah (sewa alat berat) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Halmahera Selatan tahun 2018-2020 a/n terdakwa WS pada tanggal 13 Desember 2022 bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Halmahera Selatan sebesar Rp. 224.141.769,- yang mana pengembalian tersebut masih kurang menutupi uang pengganti yang menuntut terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 329.687.769.

Capaian kinerja bidang perdata dan tata usaha negara tahun 2022 yaitu penyelesaian perkara perdata dan TUN, Perdata Litigasi telah ditangani sebanyak 1 perkara.

Layanan informasi dan pelayanan hukum gratis sebanyak 12 kegiatan. Pertimbangan hukum (SKK & MOU) sebanyak 32 SKK, pemulihan keuangan negara melalui jalur perdata pada tahun 2022 sebesar Rp. 513.102.097,- yang berasal dari BPJS Kesehatan, Samsat, dan PDAM Rp.3.068.000.000,- yang berasal dari dana bagi hasil Provinsi Maluku Utara sehingga total pemulihan keuangan negara sebesar Rp. 3.581.102.097,-

Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Halsel meraih peringkat ke-3 kinerja terbaik se-wilayah Kejaksaan Tinggi Maluku Utara dengan indikator penilaian banyaknya SKK (Surat Kuasa Khusus) dan MoU kepada stakeholder Kabupaten Halmahera Selatan sehingga dapat membantu dan meningkatkan pemulihan maupun penyelamatan keuangan daerah. 

Capaian kinerja bidang pengelolaan barang bukti dan barang rampasan 2022 berupa pemeliharaan barang bukti dan barang rampasan sebanyak 12 kegiatan.

"Pemusnahan barang bukti telah dilaksanakan sebanyak 2 kegiatan, penyelesaian barang rampasan  telah dilaksanakan sebanyak 2 kegiatan, dengan keterangan 1 kegiatan telah dilaksanakan dan 1 kegiatan dalam tahap pelaksanaan," tandasnya.*

(H.M)

TerPopuler

> Whatsapp-Button