Prajurit Kodam Pattimura Dzikir Bersama di Acara Resepsi 1 Abad NU di Masjid Al Fatah

Wednesday, February 1, 2023, 14:37 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Ambon - Kasdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman mewakili Pangdam XVI/Pattimura bersama ratusan prajurit jajaran Kodam XVI/ Pattimura menghadiri Resepsi Satu Abad Nahdatul Ulama, bertempat di Masjid Raya Al- Fatah Ambon, Selasa (31/01/2023). 

Acara Resepsi Satu Abad Nahdatul Ulama malam ini mengusung tema Mendigdayakan Nahdatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.

Untuk wilayah Provinsi Maluku, rangkaian acara yang dilakukan antara lain pada Sabtu lalu, serta dilaksanakan khatam Al - Qur'an dan pemutaran film "Sang Kyai", ziarah makam pendahulu Nahdatul Ulama yang berada di Ambon, jalan santai keliling Kota Ambon yang dimulai dan berakhir di Lapangan Merdeka hingga puncaknya yakni malam Resepsi Satu Abad NU. 

Resepsi Satu Abad NU malam ini diisi oleh ritual keagamaan, seperti Shalawat Nariah dan zikir bersama yang dipimpin ustad Abdurahman Tuanaya. 

Hadir ditengah - tengah acara, Kasdam berharap acara resepsi ini dapat berjalan dengan lancar.

"Beberapa hari yang lalu, tim panitia pelaksanaan Resepsi Satu Abad NU sudah bersilaturahmi ke Kodam, dan malam ini sedang berlangsung acara puncak, yang mana sesuai dengan komitmen Kodam XVI/ Pattimura kami siap membantu baik dari personel, materiil maupun non materiil agar acara berjalan dengan aman, tertib dan lancar," ujar Kasdam.


Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, bahwa perjalanan seratus tahun adalah pertanda perubahan peradaban, gaya hidup dan dalam mengenal Islam sebagai agama. 

"Hal ini sejalan dengan tema peringatan Satu Abad Nahdatul Ulama, adalah momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa NU bertahan hingga seratus tahun," ujarnya.

Kolaborasi NU dengan Pemda adalah komitmen NU untuk menjaga kebersamaan, kekompakan dan saling pengertian, yang menimbulkan simpati dan empati sehingga tercipta kekuatan bagi bangsa.

Sedangkan Wakil Ketua PBNU Kyai H. Zulfa Mustofa berbagi pengalaman ketika bertemu para anggota NU di berbagai negara.

"Anggota NU saat ini lebih dari seratus juta, karena memang NU memiliki tanggung jawab keagamaan, merawat dan menjaga umatnya dalam beragama. 

Maka NU mendirikan lembaga- lembaga ada Lembaga Dakwah NU, Ma'arif yang mengurusi sekolahan, ada RMI yang mengurus pesantren. "Alhamdulillah, NU pula yang menjaga keragaman Indonesia,"  jelasnya. 

Resepsi Satu Abad NU ini turut dihadiri oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, para pejabat jajaran Kodam XVI/ Pattimura, Pj Walikota Ambon Bodewin M. Wattimena, para alim ulama dan segenap Forkopimda Provinsi Maluku.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler