Tingkatkan Pembangunan Zona Integritas, Rindam XVI/Pattimura Ciptakan Inovasi Baru

Rabu, 05 April 2023, 21:19 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Ambon - Guna meningkatkan pembangunan zona integritas Satuan Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi(WTRB), Rindam XVI/Pattimura berinovasi menciptakan berbagai Aplikasi Baru untuk mendukung tercapainya WTRB.

Aplikasi tersebut dipaparkan Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon kepada Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, di Aula Rindam XVI/Pattimura, Rabu (05/04/2023).

Adapun beberapa aplikasi yang dibuat diantaranya, Aplikasi Salawaku digunakan untuk membantu proses penyelenggaraan pendidikan. Dengan aplikasi ini peserta didik dapat mengakses informasi tentang pendidikan. 

Aplikasi Rindam XVI/Pattimura digunakan untuk menyediakan informasi kegiatan serta data sesuai fungsi organik, aplikasi Qr-Code Gumil Handal untuk mendapatkan informasi data kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.

Selain itu, masih ada beberapa aplikasi yang tentunya memiliki fungsi masing-masing, diantaranya aplikasi Qr-Code Info kegiatan Satuan, Qr-Code Gudang Hanjar, Qr-Code pendaftaran gumil secara online, Qr-Code pengawasan anggaran, Qr-Code Serdik bertanya, Qr-Code lapor prestasi/pelanggaran Serdik, Qr-Code Perijinan, Qr-Code Lapor komandan, Qr-Code menu gizi Serdik, Qr-Code honor gumil, Qr-Code Jadwal Dinas Dalam, Sisfo Rindam XVI/Pattimura, Whistle Blowing System dan Aplikasi Absen Online.


Tak hanya aplikasi yang diciptakan, namun ada beberapa inovasi yang siap digunakan oleh organik Rindam maupun peserta didik, diantaranya penyediaan ATM keliling, tempat kunjungan peserta didik, penyediaan rumah singgah untuk keluarga peserta didik dan penyediaan sarana pengantaran peserta didik saat berlibur.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam  mengatakan, pembangunan zona integritas WTRB ini bertujuan untuk membangun program Reformasi Birokrasi, sehingga  mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, tertib dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas, membangun percontohan pada tingkat unit kerja pada Instansi Pemerintah sebagai unit menuju Wilayah Tertib Reformasi Birokrasi.

Usai paparan, dilanjutkan peninjauan dan simulasi lapangan terhadap berbagai inovasi dan aplikasi baru yang telah diciptakan. 

Pangdam meninjau untuk mastikan, bahwa semua berfungsi dan dapat bermanfaat sesuai yang diharapkan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Asops Kasdam XVI/Pattimura, Asren Pangdam XVI/Pattimura dan Perwira Perwakilan dari satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura.*

(ATM-MM)

Sumber : Pendam16/Ptm

TerPopuler