Hadapi Digitalisasi Keuangan, Pemkab Jembrana Minta UMKM Tingkatkan Literasi Keuangan

Jumat, 16 Juni 2023, 22:14 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Jembrana - Pemerintah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali minta agar para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada untuk meningkatkan literasi keuangan dalam menghadapi era digitalisasi keuangan saat ini.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyampaikan hal itu saat membuka kegiatan peningkatan literasi dan digitalisasi keuangan dan perluasan pembiayaan berbasis klaster di Hotel Jimbarwana, Jumat (16/6/23), diikuti sebanyak 65 orang yang berasal dari petani kakao dan wirausaha kakao Jembrana.

"Dunia usaha tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi, pelaku usaha diharapkan mampu memanfaatkan beragam inovasi teknologi khususnya di bidang keuangan agar dapat melakukan kegiatan keuangan dimanapun dengan mudah, aman dan terkendali," katanya.

Tamba berharap, pelaku usaha mengikuti pelatihan tersebut dengan seksama, agar nantinya mampu bersaing menyambut Jembrana Emas 2026.

"Pesan saya sebagai Bupati, Bapak/Ibu adik adik semua, ikuti pelatihan ini dengan baik dan seksama dengan tujuan menyambut Jembrana Emas 2026," pesannya.


Sementara perwakilan Kementrian Koperasi Dan UKM Bidang Analisis Kebijakan Ahli Madya, Khalif Mujtahid mengatakan, kegiatan peningkatan literasi dan digitalisasi keuangan dan perluasan pembiayaan berbasis klaster ini untuk mempercepat penumbuhan dan rasio kewirausahaan dalam pengembangan kewirausahaan.

"Dalam rangka perluas akses pembiayaan alternatif bagi wirausaha agar mampu menjadikan wirausaha yang produktif, mandiri dan berdaya saing," ucapnya.

Tak hanya itu, Pihaknya juga menambahkan kegiatan perluasan pembiayaan berbasis klaster tersebut dapat meningkatkan literasi digitalisasi bidang keuangan.

"Para peserta dapat informasi dalam mengakses sumber permodalan dan pembiayaan dari lembaga keuangan perbankan atau non perbankan dalam menambah modal usaha," Khalif menambahkan.*

(Made Budi)

TerPopuler

Whatsapp-Button