Lapas Kuala Tungkal Beri Pelatihan Kemandirian Kepada Warga Binaannya

Jumat, 12 Januari 2024, 10:35 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Tak hanya menjalani masa hukuman di blok hunian, namun juga warga binaan di Lapas 
Kabupaten Tanjung Jabung Barat 
kecamatan berak hitam (Kuala Tungka) diberikan pelayanan, salah-satunya adalah pelatihan kemandirian. 

Potong rambut merupakan salah satu kebutuhan wajib seseorang dalam menjaga penampilan. Hal inilah yang menyebabkan keterampilan potong rambut menjadi salah satu pelatihan yang diberikan Lapas kabupaten Tanjung Jabung Barat Batang terhadap warga binaannya, pada Kamis (11/1/2024).

Adapun tujuan dari pemberian pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal kepada warga binaan tersebut agar nantinya setelah bebas bisa kembali ke masyarakat dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lapas Kuala Tungkal sendiri telah memiliki tempat pangkas rambut (barbershop) sendiri berkat pelatihan ini. Tak hanya warga binaan, namun petugas Lapas juga ikut potong rambut di barbershop ini.

Kasi Binadik dan Giatja, Ali Sodikin mengungkapkan, dengan keterampilan pangkas rambut ini, semoga mereka kelak bisa membuka usaha sendiri bahkan bisa membuka lapangan pekerjaan di tengah-tengah masyarakat tempat tinggalnya," terangnya.

"Dengan kegiatan ini, Lapas Kuala Tungkal juga mendukung dan melaksanakan terkait aturan kerapihan rambut sebagaimana tertuang dalam pasal 4 huruf (p) Permenkumham No 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara.

"Tampil dengan potongan rambut baru dan lebih gagah diharapkan bisa menghilangkan sedikit kejenuhan warga binaan dan semakin semangat dalam mengikuti setiap kegiatan pembinaan dan pelatihan yang diberikan," pungkasnya.*

(DN)

TerPopuler