Abaikan Protokol Kesehatan, Ternyata Begini Alasan Pedagang Hewan di Pasar Muneng

Jumat, 27 November 2020, 11/27/2020 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo – Sejumlah pedagang dan pengunjung pasar hewan di Muneng Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo masih banyak yang mengabaikan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid – 19.

Dipasar hewan tersebut masih terlihat sejumlah dan pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker atau alat pelindung diri (APD),
pasar hewan Muneng yang dibuka setiap Kamis dan Minggu itu, nyaris tak ada pedagang maupun pengunjung pasar yang tidak menggunakan APD seperti masker.

Lebih dari itu penerapan physical distancing dengan menjaga jarak aman dari penularan Covid-19 sejauh minimal 1 meter juga diabaikan. Justru yang terjadi yakni banyaknya kerumunan warga yang terdiri dari pedagang dan pengunjung yang saling berdesakan dan berinteraksi satu masa lainnya.

Samsul (37) salah satu pengunjung pasar hewan mengaku, diri tidak menggunakan masker karena lupa, “saya tidak pakai masker lupa soalnya saya tadi terburu”, kilah Samsul. 

Sementara itu muhammad (30) pedagang Kambing dipasar hewan muneng tersebut mengaku sudah tidak takut terhadap Covid – 19, yang dia takut jika terkena razia Prokes. “Kalau razianya sudah tidak ada, berarti Covid-19 kan sudah tidak ada. Jadi ngapain harus repot pakai masker,” katanya.

Terpisah Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengakui bahwa saat ini memang ketaatan dan kedisiplinan warga terkait pengenaan APD saat beraktifitas di luar rumah telah semakin berkurang. Oleh karenanya diperlukan langkah-langkah tegas kembali untuk menegakkan prokes ditengah pandemi Covid-19 ini.

“Ya memang sebagian masyarakat mulai kendur lagi, Insya Allah minggu depan, awal Desember Satgas kabupaten akan operasi yustisi lagi untuk penegakan prokes,” pungkasnya singkat.*

(Tofa)

TerPopuler