Sinergi Koramil Gading Dengan Masyarakat Untuk Bersihkan Jalan Desa

Monday, November 30, 2020, 10:52 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Intensitas turun hujan di daerah Probolinggo mulai terasa lebih kerap di akhir bulan Nopember tahun ini, menandakan musim penghujan benar benar telah tiba, dengan seringnya turun hujan seperti saat ini, rumput liarpun lebih cepat tumbuh di tempat tempat tak bertuan.

Pandangan akan berkesan tak sedap dengan tumbuhnya semak belukar yang disebabkan rumput liar yang tumbuh lebih subur di musim penghujan dari pada di musim kemarau.

"Musim penghujan yang bertepatan dengan Pandemi Covid -19 membuat masyarakat harus lebih extra untuk menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan . 
Melihat lingkungannya yang mulai ditumbuhi belukar," ujar Sersan Dua (Serda) M Sukur kepada Snipers.News, Senin (30/11/2020).

Babinsa Desa Kertosono, Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo ini berinisiatif untuk melaksanakan Kerja Bhakti membersihkan jalan desa, tepatnya di Dusun Krajan RT. 02 / RW. 01 Desa Kertosono yang mulai ditumbuhi rerumputan liar dan rimbunnya rumpun bambu disepanjang jalan tersebut.
                          

"Dengan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, maka disepakati pada hari ini untuk dilaksanakan kerja bakti untuk membersihkan jalan kampung," terangnya.

Ditempat yang sama, Pjs (Pejabat Sementara-red) Kepala Desa Kertosono, Suparman mengatakan, berkaitan keterlibatan anggota TNI dalam kegiatan kerja bhakti tersebut memang sudah direncanakan bersama Babinsa dan Masyarakat Kertosono untuk mengadakan kebersihan dengan pertimbangan karena ini jalan umum.

"Kami khawatir, dengan tumbuhnya belukar disepanjang jalan ini, menjadi sarang binatang berbisa seperti ular, yang dapat membahayakan para pengguna jalan terutama anak anak, belum lagi disaat malam hari dikawatirkan bisa menjadi tempat sembunyinya pelaku tindak kejahatan," jelas Suparman.

Senada dengan Suparman, Kapten Inf Yahudin, Komandan Koramil 0820/23 Gading mengaku, Babinsa merupakan ujung Tombak TNI AD untuk melaksanakan tugas tugas teritorial dalam pembinaan wilayahnya.

"Jadi sudah seharusnya seorang Babinsa bisa menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat, sesuai dalam salah satu pasal dalam 8 Wajib TNI, yaitu Babinsa akan selalu hadir dalam kegiatan didesa binaannya apalagi menyangkut hajat hidup orang banyak, tandasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler