Antisipasi Karhutla, RPK PT. RUJ dan Satgas Lakukan Patroli Rutin

Jumat, 25 Desember 2020, 12/25/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Rohil - PT. RUJ dan Satgas Karhutla prioritaskan kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan melakukan patroli rutin dan sosialisasi di dua wilayah rawan di Dumai dan Rokan Hilir (Rohil), Kamis (24/12/2020).


Fire Marshall RPK PT. RUJ Patih Martasena mengatakan, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, sehingga PT. RUJ dan Satgas Karhutla gencar melakukan patroli dan sosialisasi karhutla di areal rawan kebakaran.


"Masyarakat dihimbau agar tidak membakar sampah sembarangan, karena berpotensi menimbulkan kebakaran," ujarnya.


Sementara itu, Zulkifli Amran selaku Humas PT. RUJ menyampaikan, bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini merupakan tugas bersama.


"Melalui Satgas karhutla ini, diharapkan sinergitas antara UPIKA Kecamatan dan Perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dapat berjalan dengan lancar," ujar Zulkifli.


Zulkifli juga mengatakan, langkah antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan harus terus dioptimalkan, yakni dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait.


Adapun strategi pencegahan yang dilakukan, diantaranya dengan meningkatkan kerja sama dengan masyarakat, perusahaan bersama dengan kelompok masyarakat melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi bersama.


"Program ini bertujuan untuk membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat yang berada di dalam wilayah atau sekitar konsesi," ujarnya kembali.


Selanjutnya Anggi Saputra, yang tak lain adalah Fire Prevention PT. RUJ, dalam melakukan pencegahan Karhutla ini, PT. RUJ menerapkan sistem penanggulangan kebakaran hutan secara terintegrasi (IFM), dengan berkolaborasi bersama pemerintah setempat.


"Kegiatan IFM ini terbagi dalam empat strategi, yaitu pencegahan, persiapan, deteksi dini dan respons cepat. Penanganan karhutla yang sinergis dan terintegrasi merupakan salah satu prioritas utama PT. RUJ, dalam menjaga kelestarian hutan," papar Anggi.*


( Jumilan )

TerPopuler