Apel Kesiapan Pergeseran Pasukan, Pengamanan Pemungutan Suara Pilkada 2020, "Delapan Penekanan Kapolres Tabanan“

Senin, 07 Desember 2020, 12/07/2020 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Bertempat di dilapangan Apel Polres Tabanan, hari Senin 07/12/2020 pukul 08.30 Wita, telah dilaksanakan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan pemungutan suara Pilkada Tabanan 2020 di wilayah hukum Polres Tabanan.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, S.I.K., M.H., apel kesiapan dipimpin Waka Polres Tabanan Kompol Made Krisnha Mahardika, S.H., diikuti oleh semua anggota Polres Tabanan dan anggota Polsek jajaran yang terlibat dan yang terseprin dalam Pengamanan TPS.

Para Pejabat Polres Tabanan yang tampak hadir dalam kegiatan, Para Kabag, para Kapolsek jajaran, para Kasatfung, semua perwira Polres Tabanan, menandai kesiapan Pengamanan, Waka Polres Tabanan secara Simbolis menyematkan pita tanda Operasi warna Merah putih.

Pada kesempatan tersebut semua Personel yang terlibat langsung dalam pengamanan TPS, mendapat pembagian kelengkapan APD yang harus dibawa dan digunakan saat melaksanakan tugas Pengamanan di masing-masing TPS.

Waka Polres Tabanan membacakan amanat Kapolres Tabanan “ Puji syukur selalu kita panjatkan, hari ini kita melaksanakan Apel menandai kesiapan dan keseriusan kita dalam melaksanakan Pengamanan pemungutan suara Pilkada Tabanan 2020.

Seperti kita ketahui Ops Mantap Praja Agung 2020 ( Pengamanan Pilkada 2020 ) dilaksanakan serentak di 5 Kabupatan / kota se Bali, termasuk di jajaran Polres Tabanan, khusus untuk  pengamanan pemunghutan suara di masing-masing TPS pada tanggal 9 Desember 2020, Polres Tabanan menurunkan kekuatan sebanyak 589 Personel, semua personel tersebar dan tergelar dimasing-masing Desa mengamankan TPS total sebanyak 1.130 TPS,

Walaupun sampai saat ini situasi Kamtibmas Tabanan masih kondusif jangan menjadikan kita lengah, tetap kita tingkatkan kewaspadaan, sekecil apapun permasalahan usahakan diselesaikan dengan tuntas, melibatkan unsur terkait, cara bertindak saat melakukan pengamanan pedomani buku panduan yang ada dan sesuai dengan SOP.

"Karena situasi saat ini masih dalam pandemi Covid-19,  semua wajib dan displin Protokol kesehatan, hindari kerumunan ( jaga jarak ), gunakan masker dengan benar dan rajin mencuci tangan dengan air mengalir, pakai sabun," Tegas Waka Polres Tabanan. 

Dalam sambutan dan arahannya Waka Polres menyampikan 8 ( delapan ) Penekanan Kapolres Tabanan yang harus diperhatikan dan diidahkan oleh semua anggota diantaranya : 
“ Semua personel yang terlibat pengamanan mampu membangun kerjasama dan bersinergi dengan semua unsur pengamanan yang ada, bersinergi dengan TNI, mengenali KPPS, mengenali semua Petugas TPS, mampu bangun komunikasi, koordinasi dengan petugas KPU, Bawaslu Tabanan dan juga dengan unsur pengamanan Swakarsa yang terlibat langsung dalam pengamanan.

Petugas harus mampu menguasai lingkungan yang menjadi tanggungjawab tugasnya dan mengenali para tokoh yang ada dilingkungan TPS, melaksanakan tugas sesuai Porsi Kepolisian, hindari kesalahan prosedur yang dapat mengganggu kelancaran pemungutan dan penghitungan suara, mampu menjaga Citra Polri dengan menunjukan sikap, prilaku yang propesional, humanis dan selektif, tidak arogan dan kontra produiktif, Jaga Netralitas dan disiplin patuhi Protokoil Kesehatan.

Dalam kegiatan Pengamanan pemungutan suara Pilkada Tabanan 2020, Polres Tabanan di Back up dari satuan atas Polda Bali sebanyak 292 personel, dan dari PHH Brimobda Bali sebanyak 60 Personel, total jumlah personel yang dilibatkan sebannyak 1.112 orang termasuk yang pengamanan langsung di masing-masing TPS sejumlah 589 Orang,

Selamat  bertugas, ingat selalu melaporkan perkembangan situasi kepada pimpinan secara berjenjang.

(Arifin/Agung DP)

TerPopuler