Catatan Pilkada Halmahera Selatan

Kamis, 10 Desember 2020, 12/10/2020 WIB
Oleh Redaksi


NIPERS.NEWS | Halsel - Sebagian besar Kabupaten di Indonesia telah melaksanakan Pemilahan Kepala Daerah Secara langsung dengan penuh suka cita   hari ini Rabu 09 Desember 2020, termasuk Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.


Kabupaten Halmahera Selatan pada kesempatan ini melaksanakan pemilihan Kepala Daerah secara langsung yang ke-4 kalinya, setelah dimulainya Pilkada secara langsung pada tahun 2005 silam.


Dari ke-3 Pemilihan Kepala Daerah sebelumnya berakhir pada amar putusan Makamah Konstitusi, bahkan pada Pilkada periode sebelumnya di tahun 2005 terjadi pemilihan ulang pada Kecamatan Bacan, yang menjadi Ibu Kota dari Kabupaten Halmahera Selatan.


pengalaman menunjukan, bahwa banyak tenaga, biaya dan hubungan silaturahmi menjadi renggang buntut, dari pemilihan secara langsung. Yang kurang dewasanya pemilih dalam mengekspresikan diri pada pesta Demokrasi Pilkada lima tahunan ini.


Dalam Pilkada Tahun 2020 ini, Kabupaten Halmahera Selatan Diikuti 2 pasang calon Kepala Daerah, yakini pasangan Helmi Umar Muksin-La Ode Arfan dan pasangan H. Usman Sidik dan Hasan Ali Basam Kasuba, dengan jumlah DPT 154.377.


Yang pada sore ini telah di peroleh form C1.KWK oleh kedua Paslon melalui saksi d setiap TPS masing2.


Sebagi masyarakat Sivil Society, ia berharap agar Pilkada kali ini tidak lagi berakhir di Amar Putusan Makamah Konstitusi. harapan ini dapat terwujud jika setiap penyelenggara dapat memainkan perannya, sesuai ketentuan yang berlaku.


"Harapan kami, KPU Kabupaten Halmahera Selatan dan Badan Pengawas Pemilu serta seluruh penyelenggara. Sampai pada tingkat bawah juga, pihak kemanan TNI/Polri dapat menjalankan amanah sesuai sumpah yang telah dipersaksikan," Martha Hadi Natha Nakil.


Pemilihan Kepala Daerah adalah bagian dari Pesta Demokrasi. gat Pesta Demokrasi bukan bukan Ajang Tarung Tinju.


( Ariya )

TerPopuler