Dekranasda Deli Serdang Gelar Acara Gebyar Akhir Tahun Secara Virtual

Selasa, 15 Desember 2020, 12/15/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Tujuan pelaksanaan Gebyar Akhir Tahun Dekranasda ialah untuk memfasilitasi dan memberikan pengetahuan kepada pengrajin tentang peningkatan desain, kemasan, dan branding, sehingga produk dapat bersaing secara global di era new normal tahun depan.

Selain Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin, acara ini juga diikuti oleh Ketua Dekranasda Deli Serdang Hj. Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua Dekranasda Deli Serdang Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Herawati Darwin Zein, serta para peserta rapat.

Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyebutkan, bahwa acara ini terpaksa harus dilaksanakan secara virtual untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

Menurut Ketua Umum Dekranas, tema yang diangkat pada Munas kali ini sangat kontekstual dan relevan dengan kondisi saat ini.


"Pandemi memaksa setiap orang mengubah kebiasaannya, salah satunya menghindari kontak langsung dengan orang lain. Kondisi tersebut menyebabkan orang mengurangi frekuensi perjalanan termasuk ke tempat wisata, yang hal ini berdampak kepada kerajinan kita. Karena selama ini, pemasaran kerajinan dilakukan secara langsung," ujarnya. 

Kondisi pandemi ini membuat Dekranas harus membuat inovasi dalam hal pemasaran produk, salah satunya dengan mendorong para pengrajin untuk memanfaatkan digital. Pemasaran secara online, diharapkan dapat membantu mengoptimalkan pemasaran, terutama industri kecil.

Kerajinan yang ada di Dekranas berbasis SDA, warisan tradisi, dan budaya Indonesia yang patut dibanggakan. Sebab, masing-masing daerah di Indonesia mempunyai keunggulan dan keunikannya.

"Sesuai agenda pokok kita, yaitu pembahasan AD/ ART. Saya berpendapat, bahwa penyempurnaan AD/ ART dan penetapan program sangat penting sebagai pembinaan seni budaya kerajinan bangsa yang menggambarkan keanekaragaman etnik di Tanah Air," tutup Wury Ma'ruf Amin.*

(R.Anggi) 

TerPopuler