Dimasa Pandemi Covid-19, Tim Yustisi Gabungan Polres Bangli Gencar Sidak Prokes

Tuesday, December 15, 2020, 10:26 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Bangli - Hingga pertengahan Desember ini, pandemi Covid-19 (virus corona) di tanah air belum juga berakhir, tak terkecuali di Kabupaten Bangli.

Nyatanya, berbagai upaya dilakukan semua pihak dan komponen, namun penyebaran virus mematikan tersebut belum juga lenyap. Atas kondisi ini tim yustisi gabungan Kabupaten Bangli hingga kini masih gencar melakukan sidak penerapan protokol kesehatan (prokes), sebagai upaya mengedukasi masyarakat paling tidak mampu mengurangi penyebaran virus corona tersebut. 

Sepekan terakhir, Tim yustisi gabungan yang diawaki Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli berhasil menindak 1.168 orang warga yang melanggar.

Sedangkan untuk rinciannya, teguran lisan sebanyak 642 orang, tertulis 383, fisik 68 dan sanksi sosial 75 orang. Untuk yang fisik petugas lebih banyak mengenakan gerakan push-up atau jongkok bangun, dan sanksi sosial berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya atau menghafal Pancasila. Sedangkan sanksi denda Rp 100 ribu, nihil.

Kapolres Bangli AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menegaskan, kegiatan sidak prokes ini rutin dilakukan tiap hari dengan menyasar tempat-tempat umum, seperti pasar tradisional, pasar modern, komplek pertokoan, komplek pemukiman, tempat ibadah, jalan raya, tempat obyek wisata, dan terminal. 

"Seperti kemaren pun (Senin, 14/12) tim  bergerak menyasar Jalan Simpang Tiga Sulahan, Susut," ungkap Kapolres, Senin (15/12/2020).

Pihaknya pun cukup menyayangkan. Pasalnya, kendati sidak prokes ini sudah tiap hari dilakukan dibarengi dengan sosialisasi dan imbauan, namun pelanggaran dari warga tetap saja ada. 

"Kemarin (Senin), ada enam (6) warga yang kedapatan melanggar dengan tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Mereka kami kenakan sanksi sosial," sebutnya.

Selain penindakan ditegaskan, tim yustisi ini juga edukasi masyarakat terkait selalu menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, sesuai dengan Pergub Bali No. 46 tahun 2020 dan Perbup Bangli No. 39 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru.*

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler