Keluh Kesah Pedagang Ayam Pasar Lalang Minta Keadilan

Sabtu, 19 Desember 2020, 12/19/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Kekecewaan menyelimuti puluhan pedagang ayam di Pasar Kampung Lalang, Medan Sunggal, Sumatra Utara. 

Hal ini dikarenakan menurunnya omset penjualan akibat pandemi Covid-19. Terlebih pendapatan mereka terancam dengan adanya agen ayam buka lapak jualan yang membanting harga, Sabtu (19/12/2020). 

Terkait hal itu, Ketua Umum Kompas Lalang Bimas Tarigan menjelaskan kepada awak media, bahwa pihaknya selaku pedagang kecil disini sudah berkali-kali meminta kepada PD Pasar, agar menertibkan terkait agen yang banting harga berjualan/ngecer di dalam pasar.

"Masalah ini sudah dari bulan Agustus lalu, dan kami sudah mengadu juga ke KPPU, Disperindag, Polsek Sunggal, serta disini kami juga meminta dinas terkait untuk adanya tindakan selaku instansi yang berwenang," ujarnya. 

Hal inipun sontak ditentang beramai-ramai oleh para pedagang yang menganggap pihak pengelola tidak bisa menertibkan hal tersebut. 

Pedagang juga menilai, ini akan mematikan usaha pedagang-pedagang yang lain, karena pembeli pastinya lebih memilih yang murah. 

Ari Tonang misalnya, pedagang kecil tersebut mengaku, saat ini pendapatannya kian menurun drastis, sejak adanya agen yang jual ngecer ke pembeli di dalam pasar. 

"Sekarang gimana pembeli mau datang ke kita, sedangkan di dalam pasar ada yang berjualan dengan harga murah. Itulah penderitaan pedagang di dalam," keluh lelaki yang biasa disapa Bang Tonang itu, 

Hal serupa juga dilontarkan Iwan yang ingin penertiban diberlakukan kepada seluruh pedagang, baik di dalam maupun luar pasar. Dengan demikian, pedagang pasar bisa terus memiliki pemasukan untuk menafkahi keluarga masing-masing.

"Selagi ada AGEN yang buka meja/ngecer pembeli nggak mau beli ke yg lain, Kan sama saja merugikan pedagang yang lain, Jadi kita mintanya sama-sama ditertibkan lah, jangan cuma sepihak,"

Maunya kita sih tertib, unit tertib, pedagang tertib, pasar tertib. Kalau bisa pemerintah lebih bijak lah. yang penting harus sama-sama enak," keluhnya.

Sementara itu pedagang lainnya bernama Salman menjelaskan dan menuntut penertiban terhadap pedagang luar pasar. Ia menuntut keadilan yang sama diterapkan pihak-pihak terkait kepada seluruh pedagang, tanpa terkecuali.

Jum'at (18/12/2020), Team Kompas Lalang bertemu dengan Kepala Pasar Lalang serta Kacab II Pasar Edi Suranta Sembiring untuk mengklarifikasi atau meminta keadilan yang seadil - adilnya, terkait agen yang merangkap menjadi pedagang ayam di Pasar Lalang. 

Turut hadir dalam pertemuan mediasi tersebut, yakni Kaur Cabang II Pasar, Kabid Humas Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sumut Risnawati Nasution, Panit Binmas Polsek Sunggal.*

(Red) 

TerPopuler