Kemenag Probolinggo Gelar Pembinaan Manajemen Masjid

Kamis, 10 Desember 2020, 12/10/2020 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo menggelar Pembinaan Manajemen Masjid dengan menggandeng Kemenag Kanwil Jawa Timur. Acara tersebut digelar di Aula Al-Ikhlas Kankemenag dan diikuti oleh perwakilan pengurus remaja masjid, perwakilan Penyuluh Agama Islam (PAI), dan pemuka agama Kabupaten Probolinggo, Kabupaten/ kota Pasuruan dengan tetap menerapkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes).

Kepala Kankemenag Kabupaten Probolinggo dr. Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, giat yang didasari Surat Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Nomor: B-6516/Kw.13.6.1/Kp.02.3/12/2020 tertanggal 07 Desember 2020 ini dalam rangka meningkatkan pemahaman para pengurus takmir, penyuluh agama, akan pentingnya pengelolaan manajemen kemasjidan secara baik.

"Dengan adanya manajemen yang baik, maka diyakini kegiatan dan pengelolaan masjid mampu meningkatkan layanan dan kemakmuran masjid," kata Sruji Bahtiar seperti dikutip media Snipers.News, Kamis (10/12/2020) pagi.

Menurut Bahtiar, ketika masjid jelas visinya, patuhi regulasinya, lengkapi struktur dengan orang orang yang berkompeten, breakdown ke dalam program kerja dan dilaksanakan secara profesional, maka nampak hasil yang maksimal.

"Namun, organisasi baik yang tidak ada manajemen yang baik, maka akan runtuh terkalahkan hal-hal remeh yang tertata rapi," tegasnya.

Keberadaan takmir masjid sangat penting ditambah pengelolaan manajemen yang baik. Takmir masjid diminta untuk tidak hanya memperhatikan lingkungan masjid, namun lingkungan sosial kemasyarakatan di wilayahnya.

"Harapan kami, para penyuluh agama, sekiranya mampu memotivasi para pengurus takmir dan remaja masjid agar terus meningkatkan layanan, agar bisa mensinergikan kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), majelis taklim dan kegiatan 
lainnya yang menjadikan masjid tersebut bisa lebih makmur, ramai dengan giat keagamaan," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler