Modal Swadaya Kades, Kadus dan Gempar Bangun Jembatan Beton di Gg. Raya 21

Minggu, 27 Desember 2020, 12/27/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Kepala Desa (Kades) dan Kadus bersama Komunitas Gerakan Pemuda Raya (Gempar) secara berswadaya membangun jembatan di Gg. Raya 21, tepatnya di Dusun X Raya, Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (27/12/2020).


Pasalnya, jembatan yang sebelumya amblas menyebabkan air tidak mengalir. Selanjutnya, jembatan dibongkar lalu diganti jembatan darurat terbuat dari kayu dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.


Hal tersebut mengakibatkan timbulnya sedikit protes dari beberapa masyarakat, dikarenakan jembatan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda 3 dan roda 4.


Awak media Snipers.news yang mendapat informasi itu dari masyarakat terkait jembatan darurat tersebut, mengingat sudah 3 Minggu lamanya tidak di Cor Beton.


Lalu, awak media inipun mencoba berkoordinasi dengan Kades Sambirejo Timur Joko Susilo mengenai hal tersebut.



Sebagai bapak dari masyarakat Sambirejo Timur, Kades pun langsung turun ke lokasi dan berkoordinasi dengan Kadus X Pujiono, guna mencari solusi terkait jembatan tersebut.


Seketika itu, Joko Susilo pun menginstruksikan Kadus X untuk membeli besi dan material untuk membangun jembatan tersebut.


Masyarakat yang mengetahui akan dibangunnya jembatan tersebut, juga turut membantu secara swadaya bersama-sama. Dikarenakan jembatan yang dibangun tidak menggunakan Anggaran Dana Desa.


Joko Susilo mengatakan, hal ini untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa betapa pentingnya kebersamaan  dan bergotong-royong, dalam menyelesaikan masalah lingkungan.


"Saya sangat mengapresiasi, dan ini harus terus digerakkan. Apalagi untuk hal-hal kecil yang sifatnya bisa diselesaikan dengan swadaya. Tapi, jika masalahnya besar, harus menggunakan Anggaran Dana Desa, sepanjang pengusulannya harus melalui mekanisme aturan yang berlaku. Sebab harus dirapatkan dan di rencanakan setahun sebelumnya melalui (RPJMdes), MusrenbangDes, Rapat RKP dan lain lain," jelas Joko Susilo.


Joko Susilo berharap, jika ada masalah, laporan dari masyarakat juga harus cepat bisa sampai kepada pihaknya, agar cepat bisa di tindaklanjuti untuk di cari solusi penyelesaian masalahnya.


"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada awak media Snipers.news Sdr. R. Anggi, yang telah menginfokan kepada Pemerintah Desa, sehingga kami bisa segera mengevaluasi dan berkoordinasi dengan para Kadus RT, RW serta warga," tutupnya.*


(R. Anggi)

TerPopuler