Pasar Tongas Disasar Operasi Prokes

Kamis, 10 Desember 2020, 12:06 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Berdasarkan data Satgas Covid -19, Kabupaten Probolinggo semakin hari jumlah warga yang terpapar Covid -19 semakin meningkat bahkan sudah banyak korban jiwa, oleh karena itu Babinsa Koramil 0820/05, Serka Ali M dan Serda Rusli bersama Satgas penanganan pencegahan Covid -19 Kecamatan Tongas kembali melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) di Pasar Tongas Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan operasi tersebut, petugas gabungan melaksanakan operasi penegakan disiplin penggunaan masker kepada para pengunjung dan pedagang yang melakukan aktifitas jual beli.

"Apabila kedapatan melanggar, akan diberikan sangsi atau tindakan tegas dengan menyuruh untuk mengambil masker dirumahnya atau membeli masker dan memberikan tindakan/ sangsi penyitaan identitas. Setelah memakai masker pedagang dan pengunjung pasar diperbolehkan memasuki area pasar untuk melakukan aktivitasnya," ujar Serka M. Ali kepada media Snipers.News, Kamis (10/12/2020).
                            

Selain melakukan penegakan disiplin kesehatan, petugas juga mensosialisasikan dan mengingatkan para pedagang maupun pengunjung pasar tentang anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. Yang bertujuan  untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid -19 dan melindungi warga masyarakat dari ancaman virus yang menyebabkan banyaknya korban meninggal dunia.

"Kami sebagai aparat penegak hukum, tidak akan bosan mendisiplinkan para warga, karena protokol kesehatan ini pada intinya sebenarnya mudah untuk dilaksanakan, dan masyarakat sudah tahu, kuncinya hanya tinggal kedisiplinan masing-masing warga saja," imbuhnya.

Serka M. Ali menegaskan, akan berkeliling pasar menemui para pengunjung dan pedagang serta memberikan edukasi. "Harapan kami, semoga masyarakat semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri dan bahayanya virus Covid -19 yang telah merenggut korban jiwa ini," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler