Pelda Ridho'i Lakukan Komsos Bersama Perangkat dan Kepala Desa Gemito

Senin, 21 Desember 2020, 12/21/2020 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Sebagai prajurit teritorial yang sering disebut sebagai Babinsa, Pelda Ridho'i sehari harinya berada ditengah tengah masyarakat seperti rekan-rekan Babinsa lainnya.

Anggota Koramil 0820/11 Sumber ini, selalu ada bersama rakyat dan seluruh komponen masyarakat di Desa Gemito Kecamatan Sumber Kabupaten Probolinggo, karena sudah menjadi slogan bagi dirinya yaitu 'Bersama Rakyat TNI Kuat', dia juga yang mengatakan 'Rakyat adalah rohnya TNI'.

"Kalau kita mencermati slogan tersebut memang TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat, khususnya bagi satuan kewilayahan seperti Koramil 0820/11 Sumber," kata Pelda Ridho'i kepada media Snipers.News, Senin (21-12-2020) siang.

Pelda Ridho'i selalu berusaha berada di tengah-tengah rakyatnya dengan segala macam kegiatan baik yang merupakan tugas pokok TNI atau tugas tambahan membantu pemerintah daerah seperti saat Pandemi Covid -19 ini, dan kegiatan sosial lainnya.

"Sebagai Prajurit yang sudah dibekali dengan pengetahuan ilmu teritorial yang cukup, banyak kegiatan yang dilaksanakan sebagai sarana pendekatan kita kepada masyarakat salah satunya adalah dengan cara komunikasi sosial (komsos)," terangnya.

Prajurit teritorial harus mampu melaksanakan Komsos dengan baik dengan rakyat. Komsos adalah sebagai sarana Komunikasi Prajurit dengan rakyatnya sehingga bisa mengetahui dan mengerti perkembangan yang terjadi di masyarakat dan bisa dijadikan sumber informasi  perkembangan situasi diwilayah.

Dalam kesempatan lain setiap mengambil Jam Komandan Danramil 0820/11 Sumber Kapten Arh Ari Bonanto selalu menekankan kepada anggota nya, khususnya para Babinsa harus selalu dekat dengan warga binaanya.

"Sebagai prajurit kewilayahan kita harus selalu hadir kepada mereka sehingga kita tau apa yang mereka keluhkan dan kita harus selalu baik baik dengan rakyat karena rakyat itu semua adalah saudara kita," tegas Kapten Ari Bonanto.

Menurutnya, aaat patroli malam hari setelah patroli para Babinsa tidak segan segan berhenti atau berkunjung ke rumah warganya hanya sekedar untuk berbincang bincang.

"Dengan demikian secara tidak langsung rasa simpati rakyat kepada TNI akan tetap terjaga dan terpelihara yang akhirnya akan dapat tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat yang solid," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler