Pemkab Deli Serdang Gelar Acara Peringatan Hari Ibu Ke - 92

Rabu, 16 Desember 2020, 12/16/2020 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Wakil Bupati Deli Serdang H. M.A Yusuf Siregar mengapresiasi peran ibu dalam membina keluarga pada puncak acara Peringatan Hari Ibu ke - 92, yang dirangkai dengan pencanangan Kesatuan Gerak Peberdayaan Kesejahteraan Keluarga yang dipusatkan di Aula Cendana Lantai II Pemkab Deli Serdang, Rabu (16/12/2020).

Acara ini turut dihadiri Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan, Ketua GOPTKI Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Deli Serdang Ny. Herawati Darwin Zein dan Ketua GOW Deli Serdang Ny. Hj. Sri Rahmawati Barus.

Selain itu, hadir juga Wakil Ketua Bhayangkara Polresta Deli Serdang Ny. Melani Julianto Sirait, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0204/DS Ny. Asri Jackie Yudhantara, para Pimpinan OPD, dan Organisasi Wanita.

Sebelumnya, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Hari Ibu, Pembacaan UU 1945, Pancasila dan pembacaan sejarah hari Ibu serta penyerahan berbagai hadiah perlombaan.


Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Deli Serdang H. M.A Yusuf Siregar mengatakan terkait peringatan yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

"Dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-92 yang kita laksanakan kali ini, suasananya sangat berbeda dibandingkan dengan peringatan hari ibu di tahun - tahun sebelumnya. karena kita tengah diperhadapkan pada situasi dan kondisi, dimana Pandemi Covid 19 melanda hampir seluruh sisi kehidupan masyarakat, baik ekonomi maupun sosial. 

Namun, bukan berarti harus mengurangi makna peringatan hari ibu ke- 92 yang kita selenggarakan pada hari ini. Sejarah membuktikan, bahwa kedudukan dan   peranan perempuan sangatlah urgen dan strategis.

Hal ini dapat terlihat dari kongres perempuan pertama pada tahun 1928, yang menandai tonggak perjuangan perempuan Indonesia dalam mengambil peran di setiap derap pembangunan, dengan mengisi ruang ruang kontribusi dalam merebut kemerdekaan, menyuarakan berbagai permasalahan, dan turut mencari serta menjadi solusi untuk mengantar Indonesia kepada keadaan seperti sekarang ini. 

Namun sejatinya, perjuangan perempuan indonesia masih belumlah selesai, pencapaian Indeks Pengharustamaan Gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender yang terlihat, masih berjalan lamban.

Kita masih mendengar dan melihat terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan, ditambah lagi masih mencoloknya ketimpangan antara perempuan dan laki – laki, dan berbagai persoalan-persoalan lainnya yang menyangkut eksistensi sosok perempuan. 

Melihat kondisi yang demikian ini, tentunya kita tidak bisa berpangku tangan dan melakukan pembiaran-pembiaran yang terus berlangsung, akan tetapi harus ada upaya nyata, agar persoalan yang menyangkut gender tidak lagi  menjadi isu utama," ucap Bupati melalui pidato yang dibacakan Wakil Bupati. 


                                                                                Bupati juga berpesan, bahwa Peringatan Hari Ibu ke - 92  yang mengambil thema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” ini harus dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengenang, menghargai perjuangan perempuan yang telah menempuh jalan panjang untuk mewujudkan  peranan dan kedudukannya.

"Sekaligus mendorong seluruh pemangku kepentingan, guna memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya arti kesetaraan antara perempuan dan laki - laki dalam sisi kehidupan, baik dalam keluarga, masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan  bernegara," tutupnyanya

Sebelumnya, Ketua Panitia Ny. Flora Faisal Arif Nasution pada laporannya menjelaskan maksud dan tujuan pada peringatan Hari Ibu Ke 92 tahun 2020 Kabupaten Deli Serdang, yang bertemakan "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju", dengan sub tema perjuangan perempuan di era tatanan baru (new normal), yaitu “Perempuan Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal”.

Sebagai peningkatan pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan, peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak untuk melahirkan generasi penerus yang berkualitas, mensinergikan kerja sama dengan stakeholder dalam setiap program/kegiatan Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak di Kabupaten Deli Serdang.

Acara pokok yang dilaksanakan secara virtual ini dipusatkan di Aula Cendana lantai 2, yang juga diikuti oleh Camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Koordinator dan Penyuluh KB di 22 Kecamatan. 

Selain itu, acara juga disertai pemberian bantuan dari Lions Club, yakni berupa tongkat, alat bantu dengar dan kursi roda, pemberian bantuan paket makanan tambahan bagi bayi yang disampaikan melalui puskesmas sebanyak 550 paket, pemberian bantuan bagi kepala keluarga perempuan sebanyak 550 paket, serta pemberian bantuan bagi lansia sebanyak 550 paket. 

"Lions Club juga memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro perempuan di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Deli Serdang, yang pada hari ini akan disampaikan secara simbolis, serta penyerahan hadiah lomba TP PKK Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019," paparnya.*

(R. Anggi) 

TerPopuler