Puluhan Personil Ditpolairud Polda Sumut di Turunkan Ke Lokasi Banjir di Sei Mati

Jumat, 04 Desember 2020, 15:12 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Hujan deras yang mengguyur sejak Kamis malam, 03 Desember 2020, sekitar 20.00 Wib hingga tengah malam tersebut mengakibatkan air sungai meluap, sehingga banjir merendam beberapa Kecamatan di Kota Medan.

Ditambah lagi debit air sungai yang cukup besar dari hulu yang mengakibatkan kenaikan Tinggi Muka Air Daerah Aliran Sungai (TMA-DAS) di beberapa ruas sungai di kota Medan, antara lain Sungai Sunggal, Sungai Deli, Sungai Babura dan Sungai Denai.

Menanggapi bencana banjir yang terjadi di Jalan Brigjend Katamso, Gg. Balai Desa Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun ini, puluhan personil Ditpolairud Polda Sumut diterjukan, guna membantu mengevakuasi warga maupun memberikan bantuan lainnya. 

Untuk kegiatan SAR ini, Polairud Polda Sumut menurunkan 26 personil yang langsung di pimpin Kasubdit Patroli Airud AKBP Imam S Budidono, S.I.K., serta membawa 2 unit armada perahu karet, untuk digunakan membantu evakuasi warga. 

Saat di konfirmasi, Dir Polairud Polda Sumut Kombes Pol. Roy H.M Sihombing, S.I.K., melalui Kasubdit Patroli Air AKBP Imam S Budidono, S.I.K., pihaknya membenarkan telah menurunkan personilnya di lokasi banjir tersebut. 

"Personil kami sudah berjibaku dengan air banjir ini sejak pagi tadi. Dengan harapan, kami dapat sesegera mungkin menyelamatkan warga korban banjir disini," ujarnya kepada media ini, Jumat (04/12/2020). 

Terlihat juga, selain menyelamatkan dan mengevakuasi warga, pihaknya juga memberikan ratusan nasi bungkus kepada warga yang enggan untuk di evakuasi ke pengungsian, dan lebih bertahan di lantai 2 rumah warga. 

"Kita juga gak mungkin memaksa mereka yang gak mau di evakuasi, mereka memilih bertahan di rumah masing-masing yang berlantai 2 atau lebih. Untuk itulah, kami bagikan 200 lebih nasi bungkus untuk mereka yang tidak mau mengungsi," terang AKBP Iman. 

Sesuai data yang dikeluarkan oleh BPBD Kota Medan, hingga pukul 08.30 Wib air belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Saat ini TRC BPBD Kota Medan sudah melakukan beberapa evakuasi dibeberapa tempat di Kota Medan, antara lain Kecamatan Medan Johor, Medan Maimun, Medan Sunggal dan Medan Tuntungan.*

( Red ) 

TerPopuler