Antisipasi Terjadinya Guantibmas, Personil Polsek Galsel Gelar Patroli Wilayah

Minggu, 10 Januari 2021, 1/10/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Makassar - Guna mengantisipasi terjadinya Gangguan Kamtibmas (Guantibmas) disejumlah wilayah hukum Polsek Galesong Selatan (Galsel), dipimpin Ps. Ka SPKT II Polsek Galsel Aiptu Nursalam S, Piket Binmas Regu II Bripka Syafaruddin M. (Bhabinkamtibmas Desa Bontokassi dan Desa Kadatong) menggelar kegiatan patroli wilayah, Sabtu (9/01/2021).


Patroli wilayah tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kewaspadaan Kamtibmas dengan menyasar wilayah  yang dianggap rawan terjadi bencana alam pada musim hujan.


Ps. Ka. SPKT II Polsek Galsel Aiptu Nursalam disela-sela kegiatannya mengatakan, bahwa kegiatan patroli dilaksanakan untuk memantau wilayah setiap kali setelah turun hujan, hal ini sebagai bentuk kesiapsiagaan terhadap bencana.


"Karena ketika hujan turun yang disertai angin kencang dapat menyebabkan kerawanan, dan salah satu diantaranya yaitu pohon tumbang dan abrasi pantai. Kami di Kepolisian Sektor Galsel terus meningkatkan kewaspadaan, terkait situasi musim hujan ini demi hadirnya Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polsek Galesong Selatan," ujarnya.


Di samping itu, sambung Nursalam, pihaknya juga melakukan patroli ke tempat Wisata Permandian, untuk mengantisipasi kerawanan gangguan Kamtibmas, mengingat peningkatan pengunjung pada saat hari libur.


Diantara kerawanan yang dimungkinkan terjadi, yaitu kecelakaan dalam kolam renang dan pencurian, dengan berkoordinasi kepada pihak pengelola dan karyawan tempat wisata serta kepada pengunjung menyangkut keamanan barang bawaan pengunjung.


"Pengawasan termasuk fasilitas/kelengkapan pengamanan bila terjadi kecelakaan tenggelam pengunjung yang berwisata renang dengan keluarga, khususnya pengunjung anak-anak," kata Aiptu Nursalam.


Nursalam menambahkan, kemudian pihaknya mensosialisasikan himbauan pemerintah untuk tetap mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan, dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rajin Cuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan.



"Karena ini sebagai upaya menekan dan mencegah penyebaran serta pengendalian penyebaran Covid-19, yang didasari dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 serta Peraturan Bupati Takalar Nomor 25 Tahun 2020," tambah Nursalam.


Terpisah, Kapolsek Galsel Iptu Muhammad Ashar yang dikonfirmasi oleh Kasi Humas Polsek Galsel mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan personel Polsek dalam patroli yang digelar ini untuk mewujudkan tugas dan fungsi Polri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, melindungi dan mengayomi.


"Tujuannya untuk menghadirkan situasi Kamtibmas yang aman, nyaman, harmonis dan kondusif ditengah-tengah masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polsek Galesong Selatan Kabupaten Takalar," terang Kapolsek Galsel.


Diketahui, lokasi maupun sasaran patroli wilayah tersebut, diantaranya Jalan Poros Kecamatan Galesong dan Kecamatan Galesong Selatan, Wisata Pemandian Rita di Desa Bontokanang Kecamatan Galesong Selatan, serta Wisata Pemandian Bintang Galesong di Desa Mappakalompo Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar.


Mengenai hal tersebut, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan, S.I.K., M.Si. juga berpesan kepada masyarakat khususnya di wilayah Sulsel, agar tetap mengedepankan protokol kesehatan.


"Kami mengimbau kepada masyarakat dalam rangka pencegahan Covid-19, untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah," kata Kabid Humas.


Kabid Humas mengingatkan, agar masyarakat jangan lupa cuci tangan yang bersih, dan dengan menggunakan sabun bersama air yang mengalir.*


(Harun)


Humas : Polda Sulsel

TerPopuler