Antisipasi di Musim Kemarau, Polsek Kubu Laksanakan Patroli Karhutla

Sabtu, 20 Februari 2021, 2/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Rohil - Personil Polsek Kubu Polres Rohil laksanakan giat Patroli Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polsek Kubu, Sabtu (20/02/2021).


Sebab, memasuki musim kemarau akan   menimbulkan kerawanan kebakaran hutan dan lahan, sehingga diintensifkan patroli tersebut.


Keadaan tersebut tak disia-siakan oleh anggota Polsek Kubu, dengan merutinkan patroli karhutla. Hal ini sebagai langkah antisipasi pencegahan terhadap peristiwa Karhutla, Kebakaran hutan dan Lahan.


"Seperti siang ini, yang dilakakukan oleh anggota Polsek Kubu melakukan Patroli Karhutla di Kepenghuluan Sei Segajah Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).


Kegiatan tersebut dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Kubu, dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya Karhutla, karena dengan situasi banyak dedaunan yang kering akan membuat mudah sekali api untuk membakar dan menjalar menjadi besar.


Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, S.H., S.I.K., melalui Kapolsek Kubu Iptu Rudi Sudaryono, S.I.K., M.M. mengatakan, antisipasi Karhutla ini secara langsung dilakukan bersama-sama dengan aparat desa dan Masyarakat Peduli Api (MPA).


"Selalu intensif melaksanakan arahan ataupun himbauan kepada masyarakat sekitar hutan, untuk berhati-hati jangan sampai membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan karena bisa menimbulkan karhutla," kata Iptu Rudy.


Pada kesempatan tersebut, anggota Polsek melakukan patroli sekaligus memberikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat yang dijumpai disekitar hutan, agar berhati-hati dan jangan sampai melakukan aktifitas membuka lahan dengan cara dibakar.


Dan bagi yang biasa suka merokok, jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu puntung rokoknya sebelum dibuang.*


( M.Saleh )

TerPopuler