Babinsa Bersama Pemdes Pabean Buat Posko PPKM Mikro

Minggu, 21 Februari 2021, 2/21/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Program pemerintah terbaru untuk menekan penyebaran dan penularan virus corona adalah dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Program ini telah dicanangkan oleh pemerintah sebagai unsur pelaksana terdepan adalah Pemerintah Desa (Pemdes) dan unsur unsur lainnya. Dengan program ini diharapkan dapat menekan laju penyebaran virus corona dengan signifikan.

Program ini juga diperkuat dengan instruksi Gubernur Nomor 1 tahun 2021 untuk wilayah Jawa Timur yaitu untuk mengendalikan penyebaran virus corona dengan membentuk Posko Penangan Covid 19 di tingkat desa dan kelurahan.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut Camat Dringu, Siti Mu'alimah SH. M.Hum, langsung menggelar rapat dengan menghadirkan seluruh Kepala Desa dan unsur Muspika Kecamatan Dringu.

Dalam rapat tersebut  yang sekaligus mendengarkan Vidcon yang dilaksanakan oleh Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari S.E serta jajaran Forkopimda Probolinggo, yang mana bupati menjelaskan tentang pembentukan dan pelaksanaan serta pendanaan PPKM ditingkat desa se Kabupaten Probolinggo.
                           

Kepala Desa Pabean, Bambang Susilo langsung bergerak dengan menggelar rapat tingkat desa yang dihadiri oleh seluruh perangkat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas, dilanjutkan pembuatan Posko PPKM Desa Pabean yang bertempat di Kantor Desa Pabean Jln. Yos Sudarso No 119 Dringu, Kabupaten Probolinggo.

"Kita mendukung Program Pemerintah, yang sudah diperkuat oleh instuksi Menteri Dalam Nergeri Nomor 03 Tahun 2021 yang intinya tentang pendanaan kegiatan PPKM dan Instruksi Gebernur Jatim nomor 1 Ta 2021 untuk membentuk Posko PPKM di tingkat desa dan kelurahan," kata Suslio kepada media Snipers.News, Minggu (21/2/2021).

Dalam pembuatan Posko, Babinsa Desa Pabean Sertu Umar Makruf turut berperan aktif dalam pembuatan Posko, karena dalam struktur Posko Babinsa dan Babinkamtibmas adalah tenaga pelaksana dilapangan bersama dengan unsur yang lain termasuk Bidan Desa.

"Posko ini juga dapat digunakan sebagai tempat Koordinasi dalam upaya penanganan peyebaran Covid -19 didesa Pabean. Selanjutnya Posko akan dilengkapi dengan perangkat lain untuk mendukung tercapainya program pemerintah dalam mengendalikan penyebaran virus corona," tutur Sertu Umar.

Ditempat terpisah, Danramil 0820/22 Dringu, Kapten Joko Samakta mengaku telah memberikan perintah kepada seluruh Babinsanya untuk segera berkoordinasi dengan Kades masing masing dalam rangka pembentukan Posko PPKM di desa.

"Ini sudah jelas perintah dari Komando atas, maka secepatnya berkordinasi dengan Kepala Desa, sampaikan bahwa program ini harus dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat demi mencegah penyebaran virus corona yang sampai saat ini belum berakhir," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler