Mewakili Kapolsek Kanit Lantas Pujud Hadiri Rapat Koordinasi Karhutla di Kecamatan

Thursday, February 25, 2021, 13:41 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Rohil - Kapolsek Pujud yang di wakili Kanit Lantas Polsek Pujud hadiri Rapat Kordinasi (Rakor) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Rabu (24/02/2021) di Aula Kantor Camat Pujud. 

Diketahui, Rakor ini sebagai bagian dari langkah evaluasi penanganan Karhutla dari berbagai kondisi di lapangan, serta langkah-langkah persiapan ke depan menghadapi Karhutla 2021.

Dalam Giat ini, turut hadir Camat Pujud, Kapolsek Pujud yang di wakili oleh Kanit Lantas Iptu Sardianto, S.E., Danramil Tanah Putih di wakili oleh Babinsa Pujud Kopka Zepin Lubis, Kepala Puskesmas Pujud, Sekcam Kecamatan Pujud, Para Sekdes dan Masyarakat Peduli Api (MPA) se Kecamatan Pujud.

Adapun poin-poin penting dari dilaksanakannya rakor ini, yakni sebagai berikut : Pertama, memperkuat upaya-upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang dimulai sejak bulan Januari 2021, dengan membentuk Satgas Pencegahan Karhutla sampai tingkat Kelurahan/Desa.

Dilengkapi dengan sarana prasarananya, dan dimantapkan sistem komunikasi dan komandonya. Satgas Pencegahan Karhutla Tingkat Kelurahan/Desa mensinergikan semua potensi kekuatan yang ada, dengan komposisi terdiri dari TNI, Polri, Perangkat Kelurahan/Desa, KPH, Manggala Agni, Tokoh Masyarakat, Lembaga Usaha dan potensi lainnya. 

Kedua, Satgas Pencegahan Karhutla Kabupaten/Kota memperkuat upaya pencegahan Karhutla di tingkat tapak melalui kegiatan, antara lain sosialisasi, diseminasi dan pendampingan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), pelatihan dan patroli bersama. 

Ketiga, memantapkan sinergitas pemangku kepentingan antara pemerintah, lembaga usaha (perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan lembaga usaha lainnya), masyarakat/kelompok masyarakat, akademisi/peneliti dan media.*

( Milan )

Sumber : Humas

TerPopuler