Optimis Kelompok Tani Jineng Merta Bisa Bantu Pemerintah Dalam Ketahanan Pangan

Senin, 22 Februari 2021, 2/22/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Karangasem  -  Di Pandemi Covid - 19 banyak masyarakat yang merasakan dampaknya terhadap sektor perekonomian masyarakat.

Khususnya dalam bidang kebutuhan pangan khususnya kelompok tani Jineng Merta berupaya untuk membantu pemerintah dan wujudkan kesejahteraan masyarakat dalam program ketahanan pangan.

Menurut keterangan  ketua kelompok tani Mangku Sukarta  kelompok tani hutan  dengan jumlah anggota sebanyak 146 KK, yang diberikan mengelola Hutan oleh pemerintah seluas 221 Ha berlokasi di Dusun Puregae, Desa Pempatan Kecatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

 "Jineng Merta memiliki anggota kelompok yg cukup banyak berjumlah 146 KK dengan pengelolaan 221 Ha, sehingga harapannya dapat mewujudkan program Pemerintah dalam hal memenuhi ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi covid 19" Jelas Ketua.

Sementara Wayan Tunas selaku Koordinator Resort Pemangku Hutan wilayah Rendang Karangasem menurutnya pada Kondisi  pandemi covid 19 ini, masyarakat kesulitan ekonomi, sehingga pemerintah sangat memperhatikan ketahanan pangan di masyarakat dengan mengambil langkah kebijakan pemberian pengelolaan hutan kepada masyarakat untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat . 

Lanjutnya,dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif di masa pandemi, Polda Bali bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Propinsi Bali dalam menjaga kelestarian hutan, ekosistem alam guna meminimalisir terjadinya ilegal logging maupun perambahan hutan yang dapat menghambat program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan" Paparnya.

"Dengan lahan yang di berikan wewenang untuk mengelolah kepada kelompok tani di harapkan bisa berproduksifitas dalam ketahanan pangan tanpa merusak hutan sebagai tanaman pokok dan pelindung " Tutupnya.

(Iskandar/Agung DP)

TerPopuler