Personel Humas Polres Simalungun Ikuti Pelatihan Public Speaking Secara Virtual

Sabtu, 27 Februari 2021, 2/27/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Seluruh Personel Kehumasan Jajaran Polres Simalungun ikuti pelatihan Public Speaking TA 2021 secara virtual di Ruang Command Center MMCC Polres Simalungun, Sabtu (27/02/2021). 

"Pelatihan ini dalam rangka mendukung program kerja 100 hari Bapak Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., tentang penguatan kapasitas SDM Polri yang Presisi (Prediktif, Responsbilitas, Transparansi dan Berkeadilan), melalui pelatihan pelatihan Public Speaking ini," jelas Kasubbag Humas Polres Simalungun AKP Lukman Hakim Sembiring. 

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan oleh Bid Humas Polda Sumatera Utara, yang menggandeng kemitraan dengan Media Antara TV.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pelatihan Public Speaking tahun 2021 ini diikuti oleh seluruh personel kehumasan Polres Simalungun.

"Kita undang seluruh para Kasie Humas Polsek se jajaran Polres Simalungun dan para perwakilan Bag dan Satuan Fungsi untuk mengikuti pelatihan ini. Dengan harapan, bahwa personel Polres Simalungun dapat menjadi Public Speaking yang handal dan memiliki kualitas," ucap AKP Lukman. 

Mengenai materi yang disampaikan oleh wartawan senior Antara TV Dimas menjelaskan, bahwa rendahnya literasi media menyebabkan akan tetap ada orang jahat yang memanfaatkan kesalahan yang terlanjur terjadi, diakibatkan kecepatan jarinya melampaui kecepatan otak untuk berfikir, dan diteruskan secara terus menerus tanpa harus berfikir panjang. 

"Menjaga kredibilitas sangat terkait dengan jejak digital. Untuk itu, berhati-hatilah menggunakan Smart Phone anda masing-masing, sebab yang sering anda buka maka itu yang akan sering tampil dan muncul pada Handphone ada masing-masing, dan dapat diketahui oleh orang lain," paparnya. 

Disinformasi merupakan informasi namun salah tanpa disengaja. Lihat sumber informasi yang ditemukan, apakah memiliki etika jurnalistik atau tidak. Polri bersama Dewan Pers sudah memiliki kesepakan untuk penanganan Pers, Lihat konten dan platformnya seperti apa bersumber, merupakan platform resmi atau tidak," ucap Dimas. 

Sementara itu, Presenter senior Antara TV Rinto selaku pemapar selanjutnya juga menjelaskan, bahwa Publik Speaking adalah seni berbicara di depan umum atau publik, tentang suatu hal atau topik tertentu secara lisan. Publik Speaking dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda, serta membuat perubahan pada dunia.

"Tujuan Publik Speaking dengan beberapa tingkatan seperti Informing, Persuading, Entertaining, Cognitive, secara kebutuhan bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan atau informasi sesuai tujuan itu agar didapat," kata Rinto. 

Rinto juga menambahkan, selalu atasi ketegangan diri, agar terlihat memiliki kredibilitas yang baik dengan cara yang berbeda-beda dengan meningkatan rasa percaya diri.

"Sedangkan Impression adalah kesan atau penilaian orang lain terhadap diri kita. Kesenjangan antara Selft Image dan Impression mempengaruhi percaya diri. Dan Mental Age adalah tingkat kematangan seseorang, yang terkadang berjalan tidak seiring dengan usia, seseorang pembicara profesional harus memiliki mental age yang baik.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button