Sebanyak 3.080 Dosis Vaksin Sinovac Segera Tiba di Kota Padangsidimpuan

Rabu, 03 Februari 2021, 00:54 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Vaksin Sinovac untuk pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) akan tiba di Kota Padangsidimpuan sebanyak 3.080 dosis.

Hal itu diketahui, saat Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution bersama Wakil Ketua DPRD Rusydi Nasution dan Wakapolres Kompol Syahril Matondang melepas keberangkatan Tim Satgas Covid-19 Kota Padangsidimpuan melakukan penjemputan vaksin ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara dengan pengawalan Polisi dari halaman Kantor Walikota setempat, Selasa (02/02/2021).

Kepada awak media, Kadis Kesehatan Padangsidimpuan Sopian Subri yang saat ini dalam perjalanan menuju Kota Medan menyampaikan, dari total 3.080 vaksin untuk dua dosis, yang di bagi kepada 1.540 orang Tenaga Kesehatan (Nakes).

Direncanakan, pada hari Kamis (4/2) depan, vaksin tersebut sudah tiba di Sidimpuan. Dan untuk tahap awal, vaksin diperuntukkan bagi Nakes dan 10 pejabat publik. Selanjutnya dilakukan sosialisasi dan simulasi vaksinasi di semua Puskesmas.


"Pada Selasa (9/2) dilakukan pencanangan dengan memvaksin 10 orang dari unsur Forkopimda di halaman kantor Walikota setempat. Setelah itu, vaksinasi kepada seluruh Nakes yang telah terdaftar lewat aplikasi," jelas Sopian.

Di halaman Kantor Walikota sebelum melepas penjemputan Vaksin, Walikota Irsan berpesan agar tim penjemput supaya berhati-hati membawa vaksin, karena Vaksin ini sangat sulit.

Kepada wartawan, Irsan menyebut, vaksinasi terhadap pejabat publik dan Nakes nantinya merupakan yang pertama kalinya akan dilakukan di Padangsidimpuan.

Ditanya kenapa harus Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yang didahulukan seterusnya Nakes, Irsan pun menjawab gamblang.

"Selain seperti itulah petunjuk teknisnya, juga untuk menunjukkan kepada publik bahwa vaksin itu aman. Dan untuk Nakes, karena Nakes lah petugas garda terdepan dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dan perlu kita dahulukan," terangnya.*

(Iwan) 

TerPopuler