Uji Kemampuan SAR, Kompi 1 Batalyon A Pelopor Brimob Sumut Latihan Rappelling

Thursday, February 18, 2021, 18:01 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Medan - Guna meningkatkan kemampuan SAR, personil Kompi 1 Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut menggelar latihan Rappeling di Tower Makosat Brimob Polda Sumut.

Rappeling merupakan kegiatan turun dari ketinggian menggunakan peralatan mountaineering seperti karnmantel, tali body, figur, karabiner dan alat-alat semacamnya.

Biasanya, kegiatan repling ini banyak dilakukan militer, tim SAR, pencinta alam untuk menuruni medan yang curam.

Saat dikonfirmasi Kamis(18/02/2021), Komandan Kompi (Danki) 1 Batalyon A Pelopor AKP Munadi, S.H., M.H. mengatakan, latihan ini dilaksanakan secara rutin untuk mengasah keterampilan dan skill kemampuan anggota.

"Bencana bisa datang kapan saja dan di mana saja, maka kesiapan anggota kita asah secara terus menerus," kata AKP Munadi.

Menurutnya, selain tugas rutin pengaman dan patroli, anggota harus memiliki teknik dasar bertindak taktis jika ditugaskan untuk pertolongan bahaya kebakaran di gedung-gedung bertingkat, hingga bencana banjir, atau musibah di perairan.

"Setidaknya, kemampuan teknik penyelamatan akan berguna, khususnya bagi tiap individu personil. Artinya, anggota juga perlu memperhitungkan keselamatan dirinya dan orang lain yang diselamatkan, guna meminimalisir jumlah korban akibat kecelakaan dan bencana," ujarnya.

AKP Munadi mengakui, meskipun latihan ini cukup menguras tenaga dan mental, namun sudah menjadi kewajiban sebagai anggota Brimob untuk selalu mengamankan, mengayomi dan menyelamatkan korban dari kecelakaan dan bencana dengan cepat. 

"Yang tidak kalah penting, di latihan ini bertujuan memupuk kekompakan dan menjadi pelecut semangat bagi anggota untuk terus berlatih," tutupnya.*

(Red) 

TerPopuler