Wakapolres Tabanan Buka Pelatihan Tracer Covid-19 Bhabinkamtibmas

Rabu, 24 Februari 2021, 18:51 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan pelacakan kontak erat (Tracer), Oleh karena itu untuk menambah pengetahuan dan kesamaan Persepsi dalam melaksanakan tugas dalam usaha melacak mengidentifikasi orang yang terkonfirmasi terdampak Covid-19, selama 3 hari dari tanggal  24-26 Pebruari 2021 pagi, Sat Binmas Polres Tabanan yang dikoordinasikan Kasat Binmas AKP I Putu Oka Suyasa, SH, menggelar pelatihan Tracer Covid-19 bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS Siregar S.I.K., M.H., Pelatihan Tracer Covid-19 dibuka Waka Polres Tabanan Kompol I Ketut Gelgel S. Sos, didampingi Kasat Binmas, dalam acara kegiatan tampak hadir Kepala Seksi Survailens dan Imunisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan I Nengah Suarma Putra ST., M.Kes, (selaku Narasumber / penyaji pelatihan ) bersama dengan Staf.

Pelatihan Tracer Covid-19 diikuti sebanyak 43 orang dari Perwakilan Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tabanan juga hadir dalam kegiatan KBO Sat Binmas dan Panit ( Perwira Unit ) Binmas Polsek jajaran. 

Sebelum kegiatan pelatihan dimulai Waka Polres Tabanan mengawali memberikan arahan sebagai kata pengantar  “ Selamat datang dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan atas kesediaan dan kesiapannya untuk memberikan pelatihan terkait dengan Tcacer Covid-19 kepada para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Tabanan.

Kegiatan semacam ini sangat penting, karena para Bhabinkamtibmas garda terdepan/sebagai ujung tombak Polres Tabanan yang langsung menyentuh sampai ke pelosok Desa dalam melaksanakan tugas Kepolisian.

"Hal ini tentu sangat bermanfaat sehingga para Bhabinkamtibmas memahami apa yang semestinya dilakukan dalam upaya memutus rantai Tranmisi dan penularan Cocid-19, sehingga memungkinkan situasi pulih seperti semula dan ekonomi bangkit,"ucap Wakapolres.

Kepada para Bhabinkamtibmas Waka Polres mengingatkan dan memerintahkan agar mengikuti kegiatan ini sampai dengan selesai. pahami, bila ada yang kurang jelas tanyakan, kemudian laksanakan sesuai dengan peran dan kewenangan dalam melaksanakan tugas.

Selesai memberikan arahan acara selanjutnya sepenuhnya diserahkan kepada Narasumber untuk menyampaikan / menyajikan materi pelatihan.

Pada kesempatan tersebut Narasumber I Nengah Suarma Putra ST., M.Kes, selaku penyaji pelatihan  pada intinya menyampaikan, tugas dan tanggung jawab seorang traker  diantaranya mendampingi Puskesmas, Turun kelapangan apabila terjadi kontak erat terhadap orang yang dicurigai membawa virus atau orang terjangkit virus Covid-19.
Mengumpulkan data dan Membuat laporan.

"Tracer adalah orang yang melaksanakan penelusuran untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak dengan kasus konfirmasi untuk dapat memutus rantai tranmisi dan mencegah penularannya, pada prinsipnya petugas Tracer melaksanakan Pelacakan Kontak erat Covid-19 dengan cara Pengisian Formulir  Tracing kemudian pelaporannya, disini Petugasnya agar benar-benar sehat, disiplin yang ketat mengikuti Protokol Kesehatan dengan benar dan tepat, termasuk kelengkapan APD sangat penting,"tegasnya.

(Arifin/Agung DP)
Sumber : Humas Polres Tabanan.

TerPopuler