Wakil Walikota Buka Acara Pembentukan Relawan Kebakaran Kota Padangsidimpuan

Kamis, 25 Februari 2021, 22:00 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Wakil Walikota Padangsidimpuan Arwin Siregar membuka secara resmi acara pembentukan Satuan Relawan Kebakaran, Kamis (25/2/2021) di Aula SMK Negeri 2 Kota Padangsidimpuan. 

Arwin Siregar dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tugas Pemadam Kebakaran (Damkar) adalah suatu yang sangat mulia. Di samping menyelamatkan harta benda, juga menyelamatkan nyawa manusia.

"Tentunya tugas ini sangatlah berat, terutama di lapangan. Mereka rela mengorbankan nyawa sendiri demi menolong dan memberikan rasa aman bagi masyarakat," kata Arwin. 

Arwin Siregar juga menegaskan, dalam pembentukan relawan kebakaran ini Damkar harus bisa memberikan pelatihan dan pembinaan yang berkesinambungan agar terwujudnya relawan yang profesional, unggul, tangguh, dan terlatih. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Muhammad  Yakub Harahap menyebutkan, hal yang melatarbelakangi pembentukan Satlakar ialah melaksanakan program pencegahan, penanggulangan, penyelamatan kebakaran, dan penyelamatan non kebakaran.

"Pembentukan Satlakar ini dimaksudkan sebagai upaya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Padangsidimpuan dalam pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal, dalam upaya pencegahan dini terhadap bahaya kebakaran," jelasnya.

Beliau juga memaparkan, bahwa pembentukan Calon Satlakar Kota Padangsidimpuan direncanakan berjumlah 60 orang, yang berasal dari Kecamatan Padangsidimpuan Utara 14 orang, Kecamatan Padangsidimpuan 14 orang, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua 8 orang, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru 8 orang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara 8 orang dan Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu 8 orang. 

Adapun yang menyampaikan materi diantaranya Gema Halelu Isa dari Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, dan Bambang Supriyanto dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tebing Tinggi.

Hadir dalam acara tersebut Kasatpol PP Padangsidimpuan, Kalak BPBD Padangsidimpuan, dan para Camat se Kota Padangsidimpuan.*

(Iwan) 

TerPopuler