Geliat Usaha Kopkar Karya Jaya di Kota Probolinggo, Begini Ceritanya

Jumat, 12 Maret 2021, 3/12/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - 'Never Give up' mungkin semboyan itu yang ada di benak pengurus Koperasi Karyawan (Kopkar) Karya Jaya yang berada di bawah naungan PT Eratex Djaja Tbk. Tiada kata menyerah dalam berusaha walaupun berada di masa krisis Pandemi Covid-19.

Geliat usaha harus terus bergerak agar roda perekonomian terus berputar dan terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Hal itu telah dibuktikan oleh Kopkar Karya Jaya dengan melakukan giat grand opening Toko Roti Ratu Bakery, Cake & Donuts.

Hadir dalam giat grand opening tersebut, Ketua Dekopinda Kota Probolinggo Agus Lithanta, Perwakilan pimpinan PT Eratex Djaja Tbk Suyoto serta pengurus, pengawas dan beberapa anggota Kopkar Karya Jaya.
                        

Dalam grand opening tersebut Agus Lithanta didapuk untuk memberikan sambutan sekaligus menggunting pita pembukaan sebagai tanda Toko Roti Bakery, Cake & Donuts secara resmi dibuka untuk umum.

"Alhamdulillah, pengunjung dengan  antusias menunggu dari pagi untuk siap menyerbu karena masih promo sampai tiga hari ke depan," kata Agus kepada Snipers.News, Jum'at (12/3/2021).

Agus juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kinerja pengurus Kopkar Karya Jaya yang telah mengembangkan sayapnya dalam memberikan kebermanfaatan koperasi bukan hanya bagi anggota, tapi juga sudah merambah ke masyarakat luas.

"Kopkar Karya Jaya sudah membuktikan jati diri dan kiprahnya sebagai kekuatan ekonomi kerakyatan di Kota Probolinggo. Semoga terus berjaya dan dapat bersaing sehat serta menjadi koperasi percontohan di Kota Probolinggo," terang orang nomer dua di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo ini.
                       

Mantan Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Wonoasih ini memaparkan bahwa, Koperasi yang memiliki anggota 3226 orang ini layak menjadi percontohan bagi koperasi lain yang ada di Kota Probolinggo. Koperasi ini juga memiliki Retail Modern 'Jaya Mart', merupakan toko modern yang menyediakan segala kebutuhan pokok ditambah 2500 item produk dengan harga jual relative murah dan bisa di kredit. Di samping itu, usaha lain yang dimiliki Kopkar Karya Jaya antara lain, investasi  pembesaran sengon 1000 pohon, simpan pinjam dan kredit barang, rental mobil, bahkan merambah pada sektor pertanian dan perkebunan.

“Semoga Kopkar Karya Jaya semakin berkembang, dan besar harapan pula koperasi-koperasi yang ada di Kota Probolinggo menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan sekaligus sebagai sokoguru perekonomian bangsa seperti harapan Drs. Mohammad Hatta Sang Founding Father Koperasi,” harapnya.

Sementara itu, ketua Kopkar Karya Jaya R.A Slamet menyatakan bahwa Toko roti ini merupakan sumber pendapatan usaha nonanggota sebagai pondasi kemandirian koperasi dari perusahaan induk PT. Eratex Djaja Tbk.

Iin Atori selaku bendahara menambahkan bahwa koperasinya sudah berbasis digital. "Kopkar Karya Jaya punya aplikasi pembayaran secara online yg diberi nama Fastpay. Anggota bisa membayar berbagai tagihan listrik, PDAM, telepon, internet,  membeli pulsa, tiket, dan transfer bank lewat aplikasi tersebut," tutur Iin dengan bangga.
 
Pimpinan PT Eratex Djaya yang diwakili oleh Suyoto mengucapkan selamat serta apresiasi kepada pengurus atas kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan walaupun di masa Pandemi Covid-19.

"Kopkar Karya Jaya tetap eksis dan survive dalam membangun kekuatan ekonomi kerakyatan," pungkasnya.(*)

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button