Ketua Umum DPP PWDS Persiapkan profesionalitas Peliputan PON XXI 2024 di Sumut

Sunday, March 28, 2021, 03:07 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Perhatian besar diberikan Feri Afrizal selaku Ketua Umum Perhimpunan Wartawan Deli Serdang (PWDS), terhadap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Dirinya meminta kepada awak Media di Deli Serdang khususnya yang tergabung di PWDS untuk profesional dalam meliput perhelatan akbar PON tahun 2024, yang rencananya akan dilangsungkan di Sumatera Utara tepatnya di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang dan Aceh. 

Bukannya tanpa alasan, Feri Afrizal menghimbau kepada seluruh awak media yang terfokus di Deli Serdang, untuk mempersiapkan diri sedari sekarang, agar tercipta profesionalitas dalam peliputan nantinya.

Pasalnya, pelaksanaan PON itu menyangkut prestasi dan keprofesionalitasan awak media yang tergabung di PWDS dalam meliput. Apalagi Kantor PWDS yang berada di Jalan Muspika Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis sangat dekat dengan acara tersebut.

"Nantinya tulisan kita pasti akan dibaca banyak orang, untuk mengikuti pemberitaan terkait semua pertandingan yang berlangsung. Sedangkan pada PON 2024 nanti, ada dua daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Artinya, komunikasi dan koordinasi harus kuat," ujar Fery Afrizal, Sabtu (27/03/2021). 

Feri menambahkan, meskipun pagelaran PON XXI tahun 2024 kurang lebih 3 tahun lagi akan diselenggarakan, tapi persiapan peliputan pertandingan di pesta olahraga nasional terbesar itu bisa maksimal dan profesional.

"Kita yang sudah ada wadah tempat berkumpulnya jurnalis, dimana Deli Serdang adalah wilayah liputan kita. Dan kita harus sudah bersiap dari sekarang. Apalagi pada pelaksanaan PON XXI nanti, Insya Allah kita sudah melewati masa pandemi Covid-19, sehingga dapat digelar secara langsung," ujarnya.

Hal itu, lanjutnya, berbeda dengan PON 2021 di Papua yang masih riskan dan kemungkinan wabah masih belum reda. Sehingga kemungkinan digelar tanpa penonton. 

Feri Afrizal berharap, peliputan di dalam penyelenggaraan PON nantinya harus mengedepankan profesionalitas dalam meliput disetiap pertandingan yang berlangsung. Khususnya untuk masa depan Media Snipers.news yang sudah berskala Nasional agar ditingkatkan menjadi media berskala Internasional.

"Untuk itu, dalam setiap peliputan pertandingan harus dapat mengambil dokumentasi foto yang efic dan berkesan di setiap momennya, kita harus mengambil foto-foto yang berkualitas dan mampu menembus panggung peliputan internasional. Karena, peliputan di PON merupakan tahapan seleksi dalam memperoleh jurnalis yang berprestasi," jelasnya.
 
Untuk itu,  Feri afrizal selaku Ketua Umum DPP PWDS ini mengajak semua awak Media yang ada di Deli Serdang agar dapat bersama-sama mensukseskan pelaksanaan PON 2024.

"Mari kita sukseskan peliputan PON, karena indikasi keberhasilan peliputan Di PON nantinya dapat melahirkan jurnalis-jurnalis yang berprestasi, dan siap terjun di peliputan internasional. Dari ajang PON ini, kita juga bisa mengukur kemampuan dan kesiapan jurnalist-jurnalis kita, khususnya jurnalis daerah," pungkasnya.

(R. Anggi / PWDS)

TerPopuler